Keunikan Tiap Trimester Kehamilan; Momen Istimewa yang Pasti Selalu Dirindukan!

Keunikan Tiap Trimester

23 Oktober 2021

Photo by Jonathan Borba via https://www.pexels.com

Istilah trimester tentunya sudah sangat akrab di telinga para ibu hamil. Bahkan bagi mereka yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil, wajib mengetahui pembagian trimester dan apa saja yang akan dialami bumil setiap trimester.

Trimester berasal dari bahasa latin yaitu dari kata “trimestris” yang artinya tiga, dan kata “mensis” yang artinya bulan. Pada umumnya, trimester kehamilan berlangsung antara 12-14 minggu atau per tiga bulan. Secara teknis, trimester dapat didefinisikan sebagai periode 3 bulan yang berhubungan dengan siklus dan kehamilan. Yuk, ketahui keunikan masing-masing dari tiap trimester di sini!

Photo by SHVETS production from Pexels

Ketika perempuan dinyatakan hamil, maka akan ada janin yang berkembang di dalam rahim sekitar 40 minggu. Dalam 40 minggu tersebut nantinya akan dibagi menjadi 3 trimester sesuai usia kehamilan. Pembagian trimester kehamilan adalah sebagai berikut;

  • Trimester pertama (awal kehamilan) yaitu ketika kandungan memasuki usia 1-14 mingu
  • Trimester kedua (tengah kehamilan) yaitu ketika kandungan mulai memasuki usia 14-27 minggu
  • Trimester ketiga (akhir kehamilan) yaitu ketika kandungan sudah mulai masuk usia 27-40 minggu

Penting bagi para perempuan yang ingin melakukan program hamil atau saat ini sedang hamil untuk mengetahui perubahan yang akan terjadi pada tubuh. Yang pasti, setiap trimester kehamilan memiliki keunikan tersendiri. Moms nantinya juga akan merasakan kok, atau bahkan sudah merasakan ya?

Buat yang masih akan melakukan program hamil, berikut Mamin kasih tahu keunikan yang akan dirasakan setiap trimester kehamilan dan apa saja yang akan Moms alami…

Yang akan dialami ibu hamil di trimester pertama (14 minggu pertama)

Photo by Yan Krukov from Pexels

Moment kehamilan tentunya akan memberikan perasaan yang berbeda-beda pada bumil. Pada trimester pertama mungkin perut belum terlihat buncit, tapi tubuh akan mengalami perubahan besar untuk mempersiapkan tumbuh kembang si janin.

Yang seringkali dirasakan ibu hamil saat usia kehamilan di trimester pertama antara lain, mual dan muntah, badan terasa cepat lelah, perubahan pada suasana hati, sakit perut seperti sembelit dan mulas, mengidam, hingga payudara terasa nyeri dan bengkak. Namun, ada ibu hamil yang sama sekali nggak merasakan hal tersebut dan aman-aman saja di trimester pertama.

Yang akan dialami ibu hamil di trimester kedua (14-26 minggu)

Photo by Caleb Oquendo from Pexels

Berhubung sudah memasuki trimester kedua, maka perut Moms akan mulai nampak. Gejala seperti mual juga sudah berkurang. Kualitas tidur juga lebih mudah di banding trimester pertama. Yang jelas, Moms juga nggak gampang lemas seperti sebelumnya.

Akan tetapi, seiring perkembangan janin yang mulai meningkat, Moms akan merasakan tekanan pada panggul. Perut juga akan sering terasa gatal karena adanya peregangan kulit. Moms juga akan sering mengalami sakit punggung karena beban perut yang semakin membesar. Yang paling menyenangkan dari trimester ini adalah, Moms akan merasakan tendangan dari janin yang merupakan salah satu keajaiban dari momen hamil.

Yang akan dialami ibu hamil di trimester ketiga (27 minggu hingga si kecil lahir)

Photo by Daniel Reche from Pexels

Pada kehamilan trimester 3, Mom akan merasakan gejala lain lagi. Beberapa Moms akan merasa sesak karena rahim mendorong ke diafragma sehingga otot yang mengatur pernapasan akan terganggu. Selain itu, bengkak pada pergelangan kaki, tangan dan wajah akan dialami karena menahan banyak cairan dan sirkulasi darah yang melambat.

Kondisi janin yang sudah mulai turun ke jalan lahir juga membuat Moms seringkali mengalami kontraksi palsu. Moms juga akan mengalami gejala yang umum seperti lebih sering buang air kecil, payudara terasa bengkak dan kadang ASI yang bocor karena terlalu melimpah, hingga sulit menemukan posisi tidur yang nyaman.

Masa kehamilan adalah momen berharga bagi semua perempuan. Beberapa gejala yang dialami ibu hamil di tiap trimester juga berbeda-beda dan merupakan momen yang sulit untuk dilupakan. Itulah keunikan yang dialami bumil di tiap trimester. Semoga bermanfaat!