5 Kepercayaan Kuno Tentang Bayi yang Lahir di Awal Tahun

Kepercayaan Kuno Bayi Lahir

05 Januari 2022

Photo by Laura Garcia from Pexels via ://

Bagi kepercayaan kuno, lahirnya bayi selalu menjadi hal yang sering dikaitkan dengan bagaimana nasib si bayi dalam kehidupannya. Mereka juga menganggap jika bayi yang lahir di awal tahun memiliki banyak keberuntungan. Bahkan kepercayaan ini nggak hanya masih melekat di Indonesia tetapi juga di negara-negara lain. Kelahiran bayi selalu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu, apalagi mereka yang lahir di awal tahun.

Nah, buat para orang tua yang penasaran dengan fenomena bayi yang lahir di awal tahu, berikut beberapa kepercayaan kuno yang masih diyakini tentang seorang bayi yang lahir di awal tahun. Boleh dipercaya atau cukup dijadikan sugesti positif saja ya, Moms 🙂

1. Selalu diselimuti keberuntungan

Kepercayaan kuno masih percaya kalau bayi yang lahir di awal tahun selalu beruntung dalam hal apapun entah itu asmara, keuangan, dan aspek kehidupan lainnya. Bahkan setelah kelahiran bayi, keluarganya juga akan selalu mendapatkan keberuntungan selama satu tahun pertama kehidupan di bayi. Apalagi masih di awal tahun sehingga sering dianggap membawa berkah bagi keluarga.

2. Kebal dari gangguan makhluk halus

Bayi baru lahir seringkali lekat dengan gangguan makhluk halus yang seringkali membuat bayi rewel. Hal ini juga sangat wajar di beberapa masyarakat di Indonesia. Namun, bagi bayi yang lahir di awal tahun cenderung memiliki kepekaan yang tinggi terhadap makhluk halus. Menurut kepercayaan kerajaan zaman dulu, bayi yang lahir di awal tahun memiliki aura yang tidak disukai oleh ruh jahat sehingga lebih kebal terhadap gangguan.

3. Termasuk bayi-bayi yang subur

Kepercayaan Yunani kuno menganggap bahwa tanggal 1 Januari dianggap sebagai hari terlahirnya kembali Dewa Kesuburan dan Anggur, yaitu Dionysus. Itulah mengapa bayi yang lahir di awal tahun termasuk bayi-bayi yang subur dan lekas memiliki momongan ketika sudah berkeluarga. Untuk membuktikannya, coba deh Moms perhatikan orang-orang yang lahir di awal tahun.

4. Terhindari dari dua kematian buruk

Konon, menurut kepercayaan kuno, bayi yang lahir di awal tahun juga akan terhindar dari dua kematian buruk yaitu tidak dapat tenggelam dan terhindar dari hukum gantung sepanjang hidupnya. Mereka selalu dilindungi oleh dewa-dewa penyelamat. Namun,  apakah hingga saat ini masih banyak yang percaya? Itu kepercayaan masing-masing ya Moms!

5. Pandai berkebun

Menurut kepercayaan kuno juga menyebutkan bahwa bayi yang lahirnya awal tahun juga sangat pandai berkebun. Hal ini karena pertumbuhannya akan lebih selaras dengan filosofi awal kehidupan baru sehingga mereka kebanyakan memiliki minat terhadap berkebun. Bahkan mereka yang sukses bercocok tanam juga lahir di awal tahun.

Setiap bayi yang lahir di awal tahun selalu menjadi keberuntungan bagi orang tuanya. Siapa sih yang nggak ingin menjadi orang tua baru di awal tahun. Yang pasti semua anak yang lahir selalu dianggap berkah bagi keluarganya.

Itulah kepercayaan kuno tentang bayi yang lahir di awal tahun yang masih dipercaya hingga saat ini. Meski belum ada bukti secara ilmiah, namun ada kalanya sebagai orang tua percaya dengan hal-hal yang memberikan kebaikan pada kehidupan bayi. Semoga bermanfaat ya Moms!