6 Kehebatan Ibu Rumah Tangga yang Sering Diremehkan, Padahal Luar Biasa!

Kehebatan Ibu Rumah Tangga

10 Desember 2021

Photo by Mikhail Nilov via https://www.pexels.com

Menjadi ibu rumah tangga adalah pilihan setiap wanita. Tidak ada yang salah dengan ‘profesi’ tersebut. Akan tetapi kalau kita menyebutnya profesi, ada aja yang bertanya, “Profesi? memang bayarannya berapa?”. Profesi sebagai ibu rumah tangga memang seringkali dianggap remeh karena hanya mengandalkan pendapatan suami. Tapi percayalah, kalau memang ibu rumah tangga digaji, kira-kira berapa harga yang pantas untuk semua lelah demi anak dan suami agar bisa makan-makanan sehat setiap hari.

Beberapa ibu rumah tangga seringkali merasa insecure ketika melihat ibu-ibu lain bekerja dan bisa berpenghasilan sendiri. Kadang juga merasa sedikit iri ketika melihat ibu yang bekerja bisa sesukanya belanja online dan menerima paket setiap saat. Pengin belanja ya tinggal belanja, nggak perlu minta ke suami dulu. Beda sama ibu rumah tangga yang harus nunggu suami gajian dulu baru bisa beli ini itu.

Buat para ibu rumah tangga, kalian nggak perlu insecure sama ibu lain yang bekerja. Pada dasarnya semua ibu sama-sama hebat karena selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya. Meski seringkali merasa insecure, tapi kehebatan ibu rumah tangga layak diapresiasi. Jangan pernah merasa bukan siapa-siapa lantaran hanya ibu rumah tangga ya, Moms. Kalian memiliki beberapa skill yang luar biasa.

Berikut beberapa kehebatan ibu rumah tangga yang sering dianggap remeh;

1. Punya energi yang nggak pernah habis

Ibu rumah tangga selalu bangun paling awal dan menyiapkan segala sesuatu untuk keperluan suami dan anak. Mereka memasak untuk sarapan suami dan anak, kadang dirinya sendiri malah makan belakangan. Setelah itu memandikan anak, terus menyiapkan kebutuhan sekolah anak dan masih banyak lagi. Pokoknya dari pagi sampai malam ada saja yang dikerjakan. Seolah energinya ada terus.

2. Mampu menjadi koki yang handal untuk anak dan suami, meski mungkin kondisinya sedang sakit atau sangat sibuk

Jangan salah ya, seorang ibu kalau memasak juga nggak asal masak. Mereka juga memilih nutrisi yang tepat agar kebutuhan gizi anak dan suami tercukupi. Ibu rumah tangga juga bisa menjadi koki andalan. Suami mau makan apa, tinggal bilang saja, nanti juga dimasakin. Ketika anak lagi bermain juga pasti dibuatkan cemilan sehat agar semakin asyik saat bermain.

3. Menjadi guru terbaik untuk anak-anaknya

Kalau ada orang bilang, “Kuliah tinggi-tinggi tapi ujung-ujungnya Cuma momong anak”, jawab saja, “Mendidik anak juga harus pandai agar bisa mengajari anak ketika mereka merasa kesulitan dalam belajar”. Ibu juga merupakan guru pertama bagi anak-anak sehingga harus mengajarkan banyak hal yang nantinya bisa menjadi bekal untuk kehidupan anak ketika beranjak dewasa.

4. Pandai dalam mengatur keuangan

Siapa bilang yang bisa mengelola keuangan dengan baik hanyalah para ibu yang bekerja. Ibu rumah tangga juga jago lo. Meski nggak bekerja, ibu rumah tangga bisa menjadi direktur keuangan dalam keluarga. Mereka juga paham mana yang harus diprioritaskan dan mana yang hanya buang-buang uang. Tidak berpenghasilan bukan berarti nggak bisa mengelola keuangan rumah tangga.

5. Seorang dokter spesialis untuk suami dan anak-anaknya

Ibu rumah tangga selalu paham dengan gejala kesehatan yang dialami oleh suami dan anak. Selalu sedia obat-obatan lengkap sesuai dengan yang sering dialami keluarganya. Meski nggak ada latar belakang seorang dokter, tapi ibu mampu merawat dan menyembuhkan rasa sakit dengan belaian tangan ajaibnya.

6. Memiliki ingatan yang tajam

Rasanya belum layak disebut ibu rumah tangga kalau belum bisa menemukan barang-barang yang ada di tempat paling tersembunyi sekalipun. Ketika suami lagi ribet mencari kunci motor maupun mobil, sekalinya tanya sama ibu, pasti langsung tahu. Apalagi kalau anak sampai nangis-nangis mencari mainannya, bisa-bisanya ibu yang menemukan meski nggak ikutan bermain.

Itulah kehebatan ibu rumah tangga yang nggak banyak orang tahu. Kebanyakan orang hanya beranggapan kalau ibu rumah tangga adalah pilihan yang menyenangkan karena hanya di rumah dan tiap bulan udah dijatah gaji suami. Hm..siapa bilang, justru ibu rumah tangga harus punya banyak keahlian. Intinya, semua ibu itu hebat dan luar biasa.