Kehamilan Sehat dan Bahagia dengan Prenatal Yoga

Rutin berlatih prenatal yoga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental bumil dan janin, lo!

01 Maret 2022

Tetap aktif saat hamil dengan yoga |Foto oleh Werner Pfennig dari Pexels via ://

Kehamilan nerupakan masa yang menantang sekaligus menyenangkan dalam hidup setiap perempuan. Proses yang akan mengantarkan seorang perempuan ke dalam babak baru kehidupan sebagai ibu ini tentu ingin dijalani dengan sebaik mungkin. Salah satu hal baik yang dapat dilakukan selama masa kehamilan adalah berlatih prenatal yoga atau yoga bagi kehamilan.

Yoga sendiri merupakan ilmu tentang kesehatan yang telah dikenal sejak berabad-abad lalu. Berlatih yoga secara rutin tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga memberikan ketenangan pada pikiran dan batin. Itu sebabnya, prenatal yoga menjadi salah satu olahraga favorit yang sering dilakuan para bumil, nih, Moms.

Nah, agar Moms semakin yakin untuk rutin menjalani prenatal yoga, simak, yuk serba-serbi yoga untuk bumil di bawah ini!

1. Prenatal yoga dapat menjadi salah satu cara mengurangi ketidaknyamanan selama hamil dan dapat meningkatkan stamina bumil

pose yoga
Tetap aktif saat hamil dengan yoga |Foto oleh Werner Pfennig dari Pexels

Perubahan fisik dan psikis saat kehamilan tentu kerap menimbulkan ketidaknyamanan pada diri Moms. Mual, muntah, sesak napas, dan kaki bengkak adalah beberapa keluhan yang umum dialami oleh bumil. Nah, berbagai macam postur prenatal yoga yang dilakukan dengan tepat dapat membantu Moms mengatasi berbagai keluhan tersebut. Itu sebabnya prenatal yoga diyakini dapat meningkatkan kekuatan dan stamina tubuh saat hamil.

2. Berlatih prenatal yoga secara teratur dipercaya akan mempermudah proses kelahiran dan pemulihan fisik pascamelahirkan

prenatal yoga
Prenatal yoga | Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Kehamilan memang perlu dijaga sebaik mungkin, tetapi kurang bergerak justru berpotensi menurunkan kesehatan bumil dan janin. Latihan yoga akan membuat Moms mempelajari teknik penguasaan tubuh dan relaksasi otot yang tegang. Selain itu, yoga juga dapat membantu Moms melatih otot dasar panggul untuk membuatnya lebih kuat dan elastis dalam mempersiapkan kelahiran. Pssst … rutin melakukan yoga juga akan membuat Moms mudah kembali ke berat badan normal setelah melahirkan, lho!

3. Ikatan antara Moms dan janin akan semakin terbangun dengan rajin melalukan prenatal yoga, lho!

yoga sat hamil
Yoga saat hamil untuk ibu dan calon bayi | Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Saat melakukan yoga, kita tidak hanya melatih fisik tetapi juga melatih pernapasan dan relaksasi untuk melancarkan sirkulasi darah serta oksigen ke janin. Hal ini diyakini dapat membantu membangun ikatan antara Moms dan janin. Lewat komunikasi yang dilakukan sedini mungkin dengan calon buah hati, dipercaya akan bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan si kecil.

4. Lakukan persiapan dan pastikan untuk selalu mengutamakan keselamatan saat melakukan prenatal yoga

matras yoga
Persiapan untuk yoga | Foto oleh Mikhail Nilov dari Pexels

Untuk melakukan prenatal yoga, Moms tidak memerlukan persiapan khusus karena yoga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Latihan yoga sendiri telah dapat dilakukan sejak awal kehamilan. Namun, Moms perlu memastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman serta menjaga kecukupan asupan cairan. Hindari juga sikap tubuh berisiko seperti berbaring di atas punggung atau perut. Jika diperlukan, Moms dapat berkonsultasi dulu dengan bidan atau dokter kandungan sebelum melakukan yoga.

5. Ajak Dads melakukan yoga bersama untuk mempererat hubungan dengan Moms dan janin

Yoga bersama
Yoga bersama pasangan untuk mempererat ikatan | Foto oleh Miriam Alonso dari Pexels

Jika bosan melakukan yoga sendirian, Moms bisa ajak Dads untuk melakukannya bersama, nih. Selain bermanfaat untuk kesehatan Moms, Dads, dan calon bayi, berolahraga bersama juga akan mengeratkan hubungan di antara anggota keluarga.

6. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, lakukan latihan prenatal yoga dan meditasi secara rutin

Meditasi
Relaksasi dan meditasi untuk manfaat maksimal | Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Semua manfaat tersebut tentu saja baru akan dirasakan jika Moms melakukan latihan prenatal yoga secara teratur. Ibu hamil disarankan untuk berlatih yoga minimal 2 kali seminggu selama kurang lebih 15 menit. Selain itu, lengkapi latihan yoga yang Moms lakukan dengan relaksasi dan meditasi selama 15 menit untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar.

Itulah serba-serbi yoga saat hamil yang bisa menjadi pertimbangan Moms dalam memilih aktivitas fisik dalam menjalani kehamilan. Yuk, jalani kehamilan sehat dan bahagia dengan prenatal yoga!