3 Hal yang Dipikirkan Bayi Ketika Sedang Memandangi Suatu Objek

Kalimat yang Terlintas di Pikiran Bayi

26 Desember 2021

Photo by Daniel Reche via ://

Moms tentunya pernah mendapati si kecil sedang bengong memandangi suatu objek, kan? Ia terlihat sedang fokus melihat sesuatu bahkan ketika di depannya nggak ada apa-apa. Pada usia 6 hingga 8 minggu, penglihatan bayi sudah mulai berkembang lebih baik. Wajar jika ia seringkali fokus dengan apa yang ada di depannya, entah itu ada orang ataupun hanya ruangan kosong.

Bayi yang terlihat sering memandang suatu objek juga menjadi indikator bahwa penglihatannya berkembang dengan baik. Mereka kadang melihat objek dalam waktu lama, meski tatapannya kosong, namun ada beberapa hal yang terlintas di pikirannya. Secara spesifik, bayi tertarik dengan cahaya, benda bergerak dan benda dengan warna yang konras.

Moms pasti penasaran dengan apa yang ada di pikiran bayi ketika bengong melihat sesuatu. Berikut beberapa kalimat yang sering muncul di benak bayi ketika memandangi objek;

1. ”Kok bendanya bisa berputar gitu, ya?”

Ketika ia melihat kipas angin yang ada di langit-langit maupun yang bisa muter ke kanan dan ke kiri, ia seolah bertanya-tanya kenapa bisa begitu. Hal ini karena benda yang bergerak tersebut menimbulkan rangsangan intens dan menarik otak mereka sebagai bagian dari perkembangan visualnya. Jadi, wajar kalau mereka heran ketika ada benda yang bergerak maupun berputar-putar.

2. ”Tante kok cantik sekali ya, aku suka melihatnya”

Tak dimungkiri kalau bayi memang suka melihat sesuatu yang menarik baginya. Wajah dan bentuk tubuh yang menarik seringkali menjadi perhatian si kecil. Bahkan ia bisa memandanginya lama. Umumnya, bayi juga akan terbengong-bengong dengan wajah yang menarik seperti mata yang bagus dan lentik, rambut panjang keriting, pria berkumis, dan fitur tubuh menarik lainnya.

3. ”Itu kok warnanya menarik banget ya, aku jadi kagum”

Bayi juga akan terkagum-kagum dengan hal-hal unik di sekitarnya. Misalnya ketika melihat rambut berwarna-warni, lampu kendaraan yang menyala, lampu yang gemerlap hingga benda-benda aneh di sekitarnya. Ternyata mereka juga nggak sekadar memandang penuh kagum tetapi juga ingin melontarkan kalimat tapi bekum bisa.

Bayi tetap memandang sesuatu meski nggak ada objek? Wajar kah?

Moms pasti bingung ketika si kecil juga sering melihat ruangan kosong yang nggak ada satupun benda di dalamnya. Jangan mikir kalau dia melihat makhluk yang tak kasat mata ya Moms. Ia hanya sedang melatih penglihatan untuk melihat sesuatu dengan lebih jelas sehingga hal ini wajar, kok.

Namun, Mom perlu waspada jika si kecil mengalami gangguan penglihatan. Hal tersebut biasanya ditandai dengan beberapa hal seperti mata yang tampak juling nggak sinkron, pupil yang tampak putih hingga keruh, nggak ada keinginan bayi untuk melihat wajah orang hingga usia 2 bulan dan ketika bayi belum bisa melacak benda bergerak hingga usia 4 bulan.

Itulah beberapa kalimat yang ingin dilontarkan si kecil ketika melihat suatu obyek. Ya pantas saja kalau melihatnya sampai bengong, ternyata itu yang dipikirkan. Sayangnya belum bisa mengungkapkan. Semoga bermanfaat ya!