4 Kalimat Ajaib yang Mampu Menenangkan Saat Si Kecil Ngambek. Coba, Yuk!

Kalimat untuk Menenangkan Anak

01 Desember 2021

Photo by MART PRODUCTION via https://www.pexels.com

Sebagai wanita yang baru saja menyandang gelar sebagai ibu tentunya akan banyak hal baru yang harus dipelajari. Salah satunya adalah bagaimana cara menenangkan si kecil kalau lagi ngambek. Anak-anak jika sedang dalam suasana hati yang kacau biasanya sering ngambek, jika sudah begitu, ibunya juga kewalahan.

Menenangkan anak yang sedang ngambek memang butuh kesabaran, Moms. Jangan lantas malah memarahinya balik. Kalau anak ngambek dan kita sebagai ibunya malah ikutan kesal, yang ada malah mereka semakin menjadi-jadi. Yang tadinya Cuma nangis pelan malah jadi semakin kencang. Untuk itu, sangat penting bagi kita sebagai ibu untuk memahaminya ketika si kecil ngambek.

Moms nggak perlu ikutan kesal kalau anak bawaannya pengin ngambek terus. Ada beberapa kalimat yang diyakini mampu menenangkan mereka yang sedang kesal karena suasana hatinya yang sedang buruk. Berikut beberapa kalimat yang bisa Moms coba untuk menenangkan si kecil

1. ”Kamu lagi marah ya, Nak? Nggak papa semua orang juga bisa marah, kok. Biar marahnya cepat hilang, sini Mama tenangin…”

Kalau Moms kebetulan lagi melihat si kecil marah-marah nggak jelas, maka jangan malah diomelin. Mereka akan semakin kesal. Sebaiknya ditenangin dengan kalimat di atas Moms. Katakan padanya kalau semua orang dewasa juga bisa marah, beri dia waktu agar lebih tenang. Cara tersebut bisa membuat perasaanya lebih terjaga karena ibunya nggak ikutan ngomel.

2. ”Adik kenapa mukanya kesal begitu? Sini cerita sama mama tentang apa yang kamu rasakan biar lebih lega”

Melihat muka anak ditekuk saat habis pulang sekolah atau pulang bermain tentu membuat orang tua penasaran. Terlebih kalau ia ditanya hanya diam saja. Moms bisa mendekatinya lalu mengajak dia duduk, kemudian meminta ia bercerita. Nanti juga si kecil akan menceritakan apa yang terjadi. Seorang ibu harus mampu mendeskripsikan raut anak agar lebih mudah peka ketika ada yang mengganggu pikirannya.

3. ”Ngomongnya nggak usah teriak-teriak juga mama denger kok, Nak. Apa yang menganggu pikiran kamu?”

Anak-anak rasanya belum puas kalau ngambeknya nggak pakai teriak-teriak. Hal ini seringkali membuat para ibu pusing dan kesal. Tapi, ingat ya Moms, jangan terpancing emosi dan melontarkan kata-kata yang malah membuat anak sakit hati. Tenangkan dengan kalimat seperti di atas, dengan begitu anak akan sungkan dan nggak teriak-teriak lagi. Anak juga akan mudah luluh dengan perkataan lembut dari ibunya.

4. ”Kok mainannya dilempar-lempar semuanya? Sudah nggak suka ya? Kamu maunya yang mana?

Perasaan kesal pada anak biasanya kurang puas kalau belum melempar barang. Yang jadi sasaran biasanya adalah mainannya. Mereka bisa melempar mainan kesayangannya kalau memang benar-benar sedang kesal. Moms bisa mendekatinya dan mengatakan kalimat di atas, pasti langsung berhenti. Salah satu tujuan anak melempar mainannya saat ngambek adalah mencari perhatian. Jangan lupa, tanyakan juga maunya apa.

Mengemban tugas sebagai orang tua harus banyak sabar. Suasana hati anak memang sering labil. Namun hal tersebut wajar kok Moms, namanya juga anak-anak. Kalau Moms dengan mendapati di kecil yang terus-terusan ngambek, tarik napas dulu ya Moms, lalu ucapkan kalimat di atas. Semoga bisa membantu ya, Moms!