5 Kalimat yang Sering Ibu Mertua Ucapkan. Sebenarnya, Apa ya Tujuannya?

Kalimat dari Ibu Mertua

10 November 2021

Photo by Andrea Piacquadio via https://www.pexels.com

Semua menantu pastinya mendambakan mertua yang baik layaknya ibu sendiri, begitu juga sebaliknya. Pasti akan sangat menyenangkan jika seorang perempuan punya mertua yang baik dan bisa kompak dalam hal apapun. Bisa belanja bareng, makan bareng dan punya mindset yang sama dalam mendidik anak. Akan tetapi, problem mertua dan menantu sepertinya selalu ada-ada saja. Entah itu hanya hal kecil bisa jadi masalah besar.

Sebagai perempuan yang ikut suami dan tinggal di rumah mertua, pastinya pernah merasakan kontra kecil dengan mertua. Nggak papa Moms, wajar kok. Semua pasti mengalaminya. Selalu ada solusi untuk mengatasinya. Namun, sesabar-sabarnya menghadapi mertua, ada kalanya kita sebagai menantu merasa tertekan dengan beberapa ucapannya. Hmm…Moms pernah merasakannya juga nggak?

Berikut kalimat yang sering diucapkan ibu mertua pada menantunya;

1.”Kamu mainan HP terus sebenarnya ngapain aja sih, belum bikin makan siang, kan?”

Photo by Charlotte May from Pexels

Saat semua pekerjaan sudah selesai (nidurin anak, melayani suami, beberes rumah dan sebagainya) dan ibu mertua melihat kita sedang santai sambil mainan HP, biasanya langsung ikut nimbrung. Ia mungkin belum paham apa itu privasi dan kondisi di mana Moms memang harus stay di HP untuk berjualan atau diskusi dengan teman.

2.”Kamu dari mana aja? Belanja kok lama banget, suami sama anak udah nyari tuh…”

Photo by Mike Jones from Pexels

Maksud ibu mertua mungkin ada baiknya karena khawatir anak dan cucunya terlantar. Tapi kita keluar juga nggak belanja yang aneh-aneh karena hanya seputar kebutuhan rumah tangga. Ya wajar kalau kadang merasa risih ya Moms. Lagian siapa juga yang tenang kalau ninggalin anak lama-lama. Moms pasti paham rasanya.

3.”Jadi nanti anakmu ini mau sekolah di mana nanti? Terus bayar sekolahnya mahal nggak?”

Photo by Helena Lopes from Pexels

Nah..ini nih yang dikhawatirkan para Moms kalau tinggal sama mertua. Kalaupun nggak tinggal sama mertua juga pasti ikut campur soal mendidik anak hingga sekolah di mana. Memberi masukan sih nggak masalah, tapi kalau ikut-ikutan mengambil keputusan khususnya dalam menyekolahkan anak kan jadi kita yang tertekan. Anak biarlah menjadi tanggung jawab orang tua masing-masing.

4. “Wah, perhiasanmu banyak ya sekarang, tapi nggak ganggu keuangan rumah tangga kan?”

Photo by Keira Burton from Pexels

Sebagai istri tentunya wajar kalau dibelikan barang sama suami. Toh, kitanya juga nggak maksa. Namun seringkali ibu mertua merasa iri kalau anaknya terus-terusan beli ini itu buat istrinya. Kadang juga malah minta langsung ke suami. Intinya kalau kita dibelikan barang atau apa gitu, ibu mertua juga harus dibelikan.

5.”Kamu kan cuma di rumah ngurus anak tapi kok rumahnya berantakan terus setiap hari”

Photo by Liza Summer from Pexels

Hanya karena memutuskan menjadi ibu rumah tangga bukan berarti rumah selalu rapi. Mengurus anak juga nggak mudah yang dibayangkan kebanyakan orang. Ada kalanya ketika sudah dirapikan, eh diobrak-abrik lagi sama si kecil. Gimana rumah mau rapi?

6.”Mama dulu pas muda pintar bagi waktu sehingga semua selesai tepat waktu. Malam-malam gini nggak pernah yang namanya masih bersih-bersih rumah”

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Ibu mertua memang suka membanding-bandingkan zamannya sama zaman sekarang. Hm..kadang memang bikin geleng-geleng kepala ya Moms. Kesibukan mama-mama zaman sekarang memang beda. Yang penting kan anak udah terurus dan memastikan gizinya aman. Kalau waktu untuk bersih-bersih rumah di malam hari, ya nggak masalah, toh si kecil juga udah tidur jadinya lebih leluasa.

Itulah kalimat yang sering kita dengar khususnya kalau satu atap dengan mertua. Namun, meski nggak tinggal bersama saja pasti nggak asing kalau ibu mertua mengucapkan kalimat tersebut. Kalau Moms pernah dengar yang mana nih?