Meski Berbasis Online, Ini Manfaat Metode Hybrid Learning bagi Anak dan Orang Tua!

Hybrid Learning dan Manfaatnya

08 Desember 2021

Photo by Julia M Cameron via https://www.pexels.com

Metode belajar untuk anak-anak kini semakin memudahkan baik untuk si anak maupun orang tuanya. Salah satunya adalah hybrid learning. Ini merupakan pembelajaran dengan sistem kombinasi antara metode daring (online) di luar kelas dengan metode tatap muka untuk beberapa jam di dalam kelas. Memilih metode hybrid learning juga menjadi keunggulan tersendiri bagi orang tua karena bisa ikut memantau anak selama belajar.

Istilah hybrid learning tentunya sudah familiar setelah pandemi berlangsung. Anak-anak harus tetap sekolah, tapi di sisi lain pertemuan tatap muka juga harus dibatasi bahkan ditiadakan. Dengan adanya hybrid learning akan sangat membantu anak-anak agar tetap mendapatkan pendidikan yang layak dan nggak harus tatap muka.

Hybrid learning memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan metode belajar lainnya. Berikut manfaat metode pembelajaran hybrid learning untuk anak-anak;

1. Bisa dilakukan jarak jauh

Metode belajar ini memudahkan anak-anak untuk belajar dari mana saja. Hal ini tentunya juga cocok bagi orang tua yang seringkali berpindah-pindah kerja sehingga anak-anak nggak perlu pindah sekolah. Bahkan anak-anak nggak hanya bisa belajar dari rumah tetapi juga di tempat lain agar nggak mudah bosan dan punya pandangan baru.

2. Sesi belajar akan semakin menyenangkan

Meski hanya belajar dengan menatap layar, namun ternyata metode ini sangat menyenangkan bagi anak. Terlebih jika guru-guru yang mengajar sangat kompeten, maka setiap sesi belajarnya akan terasa menyenangkan. Belajar jadi serasa bermain. Pasti makin asyik dan anak-anak akan semakin suka.

3. Peran seorang guru akan semakin penting

Dalam metode hybrid learning, peran guru akan semakin penting. Mereka harus mampu mengajar dengan berbagai inovasi agar sesi belajar terasa lebih efektif dan menyenangkan. Untuk itu, sangat penting bagi orang tua dalam memilih sekolah yang nggak hanya menggunakan metode hybrid learning tetapi juga memilih tenaga didik yang tepat.

4. Anak akan lebih aktif

Meski beberapa orang tua menganggap kalau belajar online hanya membuat anak malas, namun hal tersebut nggak selamanya benar. Nyatanya, anak-anak akan lebih katif karena cara belajarnya yang lebih menyenangkan dibanding tatap muka. Mereka hanya fokus dengan pelajaran sehingga aktif bertanya seputar apa yang sedang mereka pelajari.

5. Lebih aman dilakukan khususnya di masa pandemi

Kita nggak tahu sampai kapan pandemi berakhir. Yang terpenting adalah bagaimana caranya agar anak-anak tetap mendapatkan pendidikan. Dengan metode hybrid learning inilah mereka tetap bisa belajar khususnya saat pandemi yang masih belum 100% melakukan kegiatan tatap muka.

Dengan metode hybrid learning, anak-anak nggak harus dibebankan dengan tugas-tugas sekolah. Mereka akan mendapatkan proses belajar mengajar secara dua arah. Itulah mengapa hybrid learning juga dianggap lebih efektif dan efisien sehingga anak-anak nggak merasa tertekan dengan berbagi tugas tetapi juga sesi belajar yang menyenangkan. Yang pasti, mereka juga akan lebih fokus.

Itulah beberapa manfaat dari metode hybrid learning. Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak sehingga para orang tua harus memilihkan sekolah yang tepat dengan metode belajar yang efektif dan efisien. Semoga bermanfaat ya!