6 Tanda Sederhana Kalau Kita Berada di Hubungan Pacaran atau Pernikahan yang Sehat

Hubungan yang Sehat

04 November 2021

Photo by Olya Kobruseva via https://www.pexels.com

Hubungan yang sehat memang selalu menjadi dambaan semua pasangan. Entah itu pasangan kekasih maupun pasangan suami istri pasti menginginkan hubungan yang sehat. Hubungan yang sehat di sini maksudnya adalah nggak merasa tertekan selama menjalin relationship dengan orang yang sudah dipilih. Pokoknya, semua berjalan lancar, meski pasti ada drama-drama sebagai bumbunya.

Tanpa sadar, ada beberapa tanda kalau sebenarnya kita sudah masuk dalam hubungan yang sehat. Apalagi kalau untuk hubungan suami istri, pasti yang dicari adalah jenis hubungan yang saling mendukung dan menerima apa adanya pasangan. Yang pasti setiap pasangan punya rasa nyaman yang berbeda-beda dalam menjalin hubungan.

Nah, buat yang sudah menjalin hubungan lama dengan kekasih, maupun yang sudah resmi menjadi pasangan suami istri, beberapa hal berikut ternyata bisa menjadi tanda kalau kalian sudah berada pada hubungan yang sehat;

1.Merasa nyaman ketika membahas apa saja termasuk hal seputar masa lalu dan masa depan

Photo by Helena Lopes from Pexels

Ketika seseorang sudah benar-benar menerima pasangan apa adanya, maka akan leluasa membahas hal apa saja entah itu masa lalunya. Bahkan akan menjadikan cerita masa lalunya sebagai obrolan yang menyenangkan karena nggak ada lagi yang disembunyikan. Dengan begitu juga nggak ada perasaan saling curiga.

2.Mampu menghargai privasi masing-masing dan nggak terlalu banyak drama

Photo by Marcelo Chagas from Pexels

Tak dimungkiri kalau dalam hubungan juga wajar dengan adanya privasi. Tidak perlu terlalu drama jika pasangan menginginkan sebuah privasi. Kalau benar-benar yakin, maka nggak akan memikirkan hal buruk. Privasi tetaplah privasi yang harus tetap dihargai. Ketika mampu menghargai privasi pasangan, artinya sudah berada dalam hubungan yang sehat.

3.Saling mendukung untuk menjadi lebih baik dan peduli dengan kesehatan fisik dan mental

Photo by Анна Хазова from Pexels

Menjalin hubungan yang sehat juga akan berpengaruh dengan kesehatan mental. Hal tersebut karena pasangan saling mendukung apa yang kita kerjakan sehingga nggak ada perasaan tertekan. Menyatukan dua hati memang nggak mudah, namun kalau sudah menemukan pasangan yang bersedia mendukung untuk menjadi lebih baik, maka harus diperhatikan. Tipe pasangan seperti itu bisa dibilang langka, lo.

4.Membuat kita merasa dihargai dan menjadi diri sendiri

Photo by Anete Lusina from Pexels

Ada kalanya seseorang ingin menjadi dirinya sendiri. Kamu sangat beruntung ketika pasanganmu mampu menghargai keputusanmu untuk menjadi diri sendiri. Dalam hubungan yang sehat, pasangan cenderung selalu merasa ada yang kurang tanpa adanya kamu. Bahkan ketika membuat keputusan juga belum lengkap tanpa persetujuanmu.

5.Berani mengakui kesalahan dan mau introspeksi menjadi lebih baik

Photo by Budgeron Bach from Pexels

Kesalahan yang dilakukan dalam hubungan adalah hal yang wajar. Jangan sampai dibuat drama gengsi meminta maaf sampai muncul konflik berkepanjangan. Dalam hubungan yang sehat tentunya akan langsung menyelesaikan masalah dan saling introspeksi diri agar nggak mengulanginya lagi. Kuncinya adalah memaafkan dan introspeksi diri masing-masing.

6.Mampu menyampaikan emosi dengan baik, karena prinsip hubungan sehat adalah mau menerima

Photo by Victoria Emerson from Pexels

Ketika kita sudah sama-sama dewasa maka akan mudah dalam menyampaikan emosi. Kalau pasanganmu sudah bisa menahan emosinya meski dalam keadaan marah, maka kamu beruntung. Tandanya kamu telah memasuki hubungan yang sehat. Sikap asli dari pasangan adalah ketika mereka bisa menyampaikan emosi tanpa harus marah-marah.

Ketika kamu sudah berada dalam relationship green flag atau hubungan yang sehat, maka kamu bisa merasakan tanda-tanda seperti yang sudah Mamin share di atas. Semoga pasangan yang nantinya didambakan adalah mereka yang mampu menciptakan hubungan yang sehat. Nah, kalau hubungan sehat versi kalian apa aja nih? Share ke Mamin, yuk!