Bukan Mainan Mahal, 4 Hal Ini yang Sebenarnya Anak-Anak Butuhkan. Orang Tua Sering Lupa!

Hal Penting Bagi si Kecil

02 November 2021

Photo by Alexander Dummer via https://www.pexels.com

Setiap orang tua pastinya selalu memikirkan kebahagiaan anak. Yang paling penting adalah kebutuhan anak tercukupi dan baru memikirkan kebutuhannya sendiri. Bahkan ada orang tua yang rela membeli perlengkapan mahal untuk anak agar mereka senang. Para orang tua juga seringkali berpikir, kalau anak yang diberikan apa yang mereka inginkan akan bahagia. Sayangnya nggak semua anak bahagia dengan apa yang dibelikan oleh orang tuanya.

Anak nggak selalu suka dengan berbagai hal mewah yang diberikan oleh orang tua. Terkadang yang mereka inginkan adalah hal-hal sederhana yang sama sekali malah nggak terlintas di benak Moms dan Dads. Mungkin karena kebanyakan orang tua sibuk dan hanya punya sedikit waktu untuk anaknya sehingga menggantinya dengan materi yang dianggap akan menyenangkan hati anak.

Namun, ternyata yang dipikirkan anak bukanlah materi. Orang tua selalu menganggap kalau anak akan senang dimanjakan dengan berbagai mainan mahal dan baju yang bagus. Sayangnya hal tersebut salah. Moms dan Dads harus tahu kalau sebenarnya yang dibutuhkan anak adalah hal sederhana seperti berikut!

1.Makanan sehat dan nutrisi yang seimbang. Buat apa punya pakaian bagus dan mahal kalau nutrisi anak belum tercukupi gizinya?

Photo by lam loi from Pexels

Gizi si kecil harus diperhatikan sejak dini agar ia memiliki pertumbuhan yang bagus. Sesibuk-sibuknya orang tua pastinya selalu memperhatikan kesehatan si kecil. Semua orang tua tentu ingin agar anak tumbuh optimal, bukan? Untuk itu sangat penting memberikan makanan sehat dengan gizi seimbang sejak dini.

2.Anak lebih suka diberikan perhatian dan kasih sayang dari orang tua daripada dibelikan mainan mahal setiap hari

Photo by Tatiana Syrikova from Pexels

Sebagai ganti kehadirannya, orang tua seringkali membelikan mainan mahal bahkan paling populer yang anak-anak lain belum punya. Sayangnya, yang anak butuhkan bukan mainan mahal. Mereka lebih butuh kasih sayang orang tua. Mereka lebih ingin menghabiskan waktu bersama mama dan papanya. Mainan bagus yang dibelikan setiap hari nggak ada artinya kalau si kecil merasa kesepian, Moms, Dads.

3.Anak juga ingin dirinya selalu merasa aman dan nyaman di dekat orang tuanya, bukan malah membiarkannya nyaman bersama orang lain

Photo by Anastasia Shuraeva from Pexels

Orang tua merasa bahwa anak yang dititipkan ke pengasuh akan merasa nyaman. Kalau ditinggal kerja, ya nggak masalah. Namun, jika anak terlalu lama bersama pengasuh sementara orang tuanya ada di rumah, maka hanya akan membuat anak merasa kurang nyaman. Selagi ada di rumah dan punya waktu untuk si kecil, mengapa malah nggak dimanfaatkan, Moms?

4.Orang tua yang selalu bahagia adalah keinginan sederhana bagi anak. Melihat orang tuanya selalu kompak bersama anak mungkin menjadi hal mewah bagi anak

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Melihat orang tua selalu bahagia dan kompak ketika meluangkan waktu untuk anak adalah sebuah kemewahan di mata semua anak. Mereka nggak butuh rumah mewah kalau hanya selalu kesepian. Bagi mereka, menempati rumah mewah nggak ada artinya kalau orang tuanya sering pergi meninggalkannya di rumah. Rumah sederhana tapi selalu merasakan kehadiran orang tua ternyata lebih diinginkan anak.

Yang orang tua pikirkan dan anak pikirkan seringkali berbeda. Bahkan hal sederhana bagi anak ternyata malah nggak disadari oleh kebanyakan orang tua. Masa kecil anak hanya sementara Moms, Dads. Nanti kalau mereka sudah besar pasti Moms dan Dads akan merindukan masa-masa kecil mereka. So, mumpung masih kecil,  sering-sering luangkan waktu buat si kecil ya Moms, Dads. Siapa sangka hal sederhana di atas malah lebih dibutuhkan.