8 Hal Secara Fisik yang Diturunkan dari Ayah. Mulai Lesung Pipi Hingga Kesuburan!

Gen Ayah yang Turun ke Anak

18 Oktober 2021

Photo by Gustavo Fring via https://www.pexels.com

Menebak apa saja gen ayah yang diturunkan ke anak, seringkali dilakukan oleh pasangan suami istri yang tengah menanti kelahiran anak pertamanya. Pertanyaan yang nggak kalah penting dari menantikan kehadiran seorang bayi adalah, “nanti si kecil lebih mirip Moms atau Dads ya?”. Bahkan entah itu mitos atau fakta, katanya wajah anak perempuan cenderung mirip ayahnya, sedangkan bayi laki-laki pastinya akan mirip ibunya. Hm… kira-kira Moms dan Dads setuju nggak nih?

Genetik ayah yang diturunkan ke anak sebenarnya nggak hanya bentuk fisik saja. Bisa jadi ketika si ayah memiliki riwayat penyakit, maka bisa diturunkan ke anak. Meski seorang anak akan mewarisi gen dari kedua orang tuanya, namun ada yang lebih dominan. Sebagai contoh, misalnya dari Moms, anak akan mewarisi gaya tidur, warna rambut, penggunaan tangan yang lebih dominan dan sebagainya.

Lantas, faktor genetik apa saja yang diturunkan dari Ayah ke anak, ya?

1.Bentuk bibir. Pada umumnya, bentuk bibir ayah akan menurun pada anak

Photo by Burst from Pexels

Dads sepertinya akan bahagia, pasalnya gen dari ayah memiliki peran penting dalam bentuk dan ukuran bibir bayi yang baru lahir. Baik itu bayi laki-laki atau perempuan, bayi yang baru lahir biasanya akan memiliki betuk bibir seperti sang Ayah.

2.Warna mata. Meski dipengaruhi oleh gen dari keduanya, namun dari Ayahnya lah yang lebih dominan

Photo by samer daboul from Pexels

Mata anak yang berwarna gelap cenderung bersifat dominan, sedangkan untuk yang berwarna terang bersifat resesif. Akan tetapi, jika si ayah memiliki warna mata yang indah maka kemungkinan besar akan menurun ke anak.

3.Tinggi badan. Anak yang tumbuh tinggi dipastikan mendapatkan turunan gen dari sang Ayah

Photo by Yan Krukov from Pexels

Semua orang tua tentunya menginginkan anak tumbuh tinggi. Meski ibunya pendek, maka anak kemungkinan akan memiliki tubuh tinggi dari ayahnya. Terlebih jika ayahnya punya tubuh tinggi, maka peluang anak untuk mendapatkan tubuh tinggi sangatlah besar.

4.Bentuk sidik jari yang mirip meski nggak sama persis. Si Ayah juga akan mewarisi bentuk sidik jari lo

Photo by Andreas Wohlfahrt from Pexels

Di dunia ini nggak ada bentuk sidik jari yang sama. Hal ini memang bertujuan untuk menjaga privasi setiap orang. Meski begitu, antara ayah dan anak ternyata memiliki bentuk sidik jari yang mirip. Ini merupakan warisan gen yang umum diturunkan ayah ke anak.

5.Kesehatan gigi. Dads perlu memperhatikan kalau bentuk gigi dan kesehatan gigi nantinya akan menurun pada anak

Photo by Victoria Borodinova from Pexels

Jika seorang ayah memiliki struktur gigi yang rapi dan sehat, maka si anak nantinya juga akan memiliki kesempatan bentuk dan kesehatan gigi sehat seperti ayahnya. Maka dari itu, sangat penting bagi laki-laki agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

6.Lesung pipi. Beberapa orang menganggap lesung pipi ini adalah bentuk cacat, sayangnya justru membuat pemiliknya menggemaskan

Photo by Elina Fairytale from Pexels

Bayi yang memiliki lesung pipi sudah pasti diturunkan dari gen sang ayah. Moms pasti pernah merasa kalau punya lesung pipi namun justru nggak menurun ke si kecil. Hal tersebut kemungkinan besar karena gen ayah lebih besar sehingga si kecil nggak memiliki lesung pipi meski ibunya berlesung pipi.

7.Permasalahan penyakit jantung. Ayah yang memiliki riwayat penyakit jantung tentunya akan menurun pada anak

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Laki-laki memiliki gen yang unik sehingga nanti si anak juga akan mewarisi gen unik tersebut. Seperti halnya ketika ayah memiliki permasalahan penyakit jantung, maka nantinya juga akan dialami anak. Itulah mengapa penting bagi lelaki untuk memeriksakan jantung sejak dini agar nggak membahayakan kesehatan di kecil nantinya.

8.Ketidaksuburan pada ayah nantinya juga akan menurun ke anak

Photo by Nadezhda Moryak from Pexels

Kesehatan kelamin si ayah juga akan menurun pada anak laki-lakinya. Hal ini juga merupakan hasil dari sebuah penelitian bahwa jumlah sp*rma yang rendah akan menularkan masalah kesuburan pada anak laki-lakinya.

Kehatan anak juga ditentukan oleh faktor genetik dari orang tuanya. Jika ada masalah kesehatan pada kedua orang tua, maka sebaiknya dikonsultasikan ke dokter sebelum merencanakan kehamilan. Itulah genetik ayah yang akan diwariskan ke anaknya. Semoga bermanfaat ya!