Mengulik Kemandirian Anak Sekolah di Jepang; Bisa Dicontoh para Orang Tua!

Faktor Pembentuk Kemandirian Anak

09 November 2021

Photo by cottonbro via https://www.pexels.com

Mengajarkan kemandirian anak sejak dini sangatlah penting. Hal tersebut karena anak kecil akan lebih mudah dibimbing dibandingkan mereka yang sudah besar. Seperti halnya di negara Jepang, kebanyakan anak kecil di sana sudah bisa mandiri lo, Moms. Kalau dibandingan dengan usia anak di Indonesia sebenarnya sama, hanya saja anaka-anak di sana dituntut untuk cepat mandiri sedari kecil.

Adalah hal yang nggak mudah mengajarkan kemandirian pada anak. Yang pasti akan membutuhkan waktu lama. Namun ada beberapa faktor yang membuat anak-anak di negeri sakura tersebut lebih cepat mandiri dibanding anak-anak di Indonesia. Bukan ingin membanding-bandingkan, hanya saja sebagai orang tua pasti penasaran dengan faktor apa saja yang membuat anak-anak di Jepang mandiri sejak dini.

Penasaran kan, Moms? Berikut Mamin share beberapa faktor yang membuat anak sekolah di Jepang lebih mandiri;

1.Faktor kemandirian anak-anak di Jepang dimulai dari peraturan yang ada di sekolah. Peraturan dari sekolah memang menjadi faktor penentu kemandirian yang selalu diajarkan di Jepang

Photo by Yan Krukov from Pexels

Peraturan sekolah di Jepang memang ada yang melarang muridnya diantar jemput oleh orang tuanya. Mereka diajarkan untuk naik transportasi umum sendiri sejak kecil. Selain itu juga selalu diajarkan untuk bertanya jalan pada orang lain dan bagaimana etika ketika berada di tempat umum. Awalnya memamg sulit, namun setelah satu bulan latihan, mereka sudah sangat mandiri.

2.Kemandirian anak-anak di Jepang juga merupakan didikan orang tuanya. Orang tua di Jepang memang sangat ketat dalam mendidik anak sejak dini, namun hasilnya juga bagus untuk masa depannya

Photo by Katerina Holmes from Pexels

Moms pasti kaget kalau anak usia 3-5 tahun di Jepang sudah diajarkan agar bisa bertanggung jawab mengelola uangnya. Menyiapkan perlengkapan sekolah dan mengerjakan tugas rumah juga merupakan hal yang wajar bagi anak-anak kecil di Jepang. Satu lagi, mereka juga dibekali dengan cara mengatasi masalah ketika tersesat. Menarik, ya?

3.Faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi kemandirian anak-anak. Bahkan pemerintah juga membuat rambu-rambu lalu lintas yang mudah dimengerti anak

Photo by Allan Mas from Pexels

Kalau pergi ke Jepang pastinya sudah nggak asing dengan deretan anak-anak kecil yang bepergian sendiri di jalan besar tanpa ditemani orang tuanya. Ada juga yang berani jalan sendiri. Kemandirian anak-anak di Jepang sejak dini juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang bekerja sama dengan pemerintah. Ternyata pemerintahan di Jepang membuat aturan agar anak-anak nggak bersekolah di tempat yang jauh agar mereka bisa berangkat sendiri.

Itulah 3 faktor penting yang membuat anak-anak sekolah di Jepang lebih mandiri. Menurut Departemen Keamanan Amerika, Jepang merupakan salah satu negara yang tingkat kriminalitasnya lebih rendah jika dibandingkan dengan Amerika. Itulah mengapa para orang tua di Jepang percaya dan merasa aman ketika anak-anaknya berangkat dan pulang sekolah sendirian.

Photo by Thirdman from Pexels

Semua orang tau tentu juga bisa menanamkan kemandirian anak sejak dini. Meskipun bukan cara yang mudah, namun yang namanya usaha nggak pernah mengkhianati hasil. Moms juga pastinya ingin menanamkan kemandirian pada anak sejak dini kan?