Jangan Cuma Senangnya, Ini 5 Fakta Pahit dalam Pernikahan yang Harus Diketahui

Fakta Pahit Pernikahan

04 Oktober 2021

Photo from Freepik.com via https://www.freepik.com

Kalau ada yang bilang, “Ah..aku mau nikah aja deh, capek banget rasanya!”, sepertinya harus tahu dulu fakta seputar pernikahan yang nggak semua orang tahu. Pernikahan itu bukanlah tentang mem-posting foto dari tunangan sampai pernikahan ke media sosial. Pernikahan juga bukan hanya tentang membuat caption romantis dari setiap foto berdua dengan pasangan. Terlepas dari semua keromantisan yang membuat seseorang kepengin menyusul menikah, ada hal yang nggak banyak orang tahu seputar pahitya pernikahan.

Memutuskan untuk membina rumah tangga bukanlah ajang untuk menyelesaikan masalah. Ini justru permulaan untuk memulai hidup baru di mana dua orang yang berbeda karakter dan isi kepala, hidup dalam satu rumah. Mungkin karena banyak yang memposting indahnya pernikahan, membuat orang berpikir, “wah..nikah kok kayaknya enak ya, foto berdua terus deh”. Fakta sebenarnya bukan seperti itu. Khususnya bagi yang sudah menikah, pastinya akan tahu tentang fakta pernikahan yang nggak semanis apa yang di pikiran orang-orang.

1.Tahun pertama pernikahan akan sangat menentukan. Semua sifat asli akan terlihat sehingga tahap penyesuaian akan dimulai

Photo by Deepak Khirodwala from Pexels

Ketika sudah menikah, maka dari bangun tidur hingga akan tidur lagi, yang dilihat adalah istri/suami. Perlahan akan tahu kebiasaan-kebiasaannya. Sebaiknya tetap fokus  dengan hal-hal positif saja dan yakin akan mampu melewati fase awal pernikahan.

2.Memutuskan menikah bukan hanya sekadar saling mencintai dan merasa cocok. Ini adalah tentang bagaimana mempertahankan untuk saling mencintai sampai kapan pun

Photo by Taryn Elliott from Pexels

Menikah bukan hanya modal cinta melainkan bagaimana agar tetap mencintai meski kondisi fisik sudah berubah. Mau nggak mau, saat sudah punya anak, segalanya akan berubah, yang dulunya dipuji punya tubuh seksi langsing, kini menjadi lebih berisi setelah memiliki anak. Apakah bisa tetap mencintai seperti dulu kala?

3.Pasangan nantinya bukan menjadi sumber kebahagiaan. Yang berhak atas kebahagiaanmu adalah dirimu sendiri

Photo by Adam Kontor from Pexels

Kalau ada yang berpikir menikah itu akan selalu dibahagiakan pasangan, berarti belum siap menikah. Hanya karena ia memilihmu, lalu akan selalu membahagiakanmu. Yang tahu bagaimana cara membuatmu bahagia adalah dirimu sendiri. Jika menikah hanya mengharapkan kebahagiaan, maka kamu akan kecewa.

4.Modal cinta saja nggak cukup. Keduanya harus punya tujuan yang sama dalam pernikahan

Photo by Paweł L. from Pexels

Menikah bukanlah seperti pacaran yang seringkali mengatakan kalimat “kita jalani dulu saja”. Itulah mengapa ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menikah. Salah satunya adalah apakah punya visi dan misi yang selaras atau nggak. Ini penting untuk ditanyakan agar nanti segalanya diselesaikan tanpa beban.

5.Faktanya, kehidupan setelah berumah tangga tak seindah meriahnya resepsi pernikahan

Photo by cottonbro from Pexels

Dalam pernikahan, semua orang pasti merencanakan resepsi yang megah. Hal ini tentunya membuat orang lain kepengin juga mengadakan resepsi yang lebih megah. Faktanya, kehidupan setelah menikah jauh lebih penting. Resepsi yang megah juga nggak menjamin pernikahan akan bahagia. Yang paling penting adalah bagaimana untuk selalu bertahan dengan berbagai permasalahan dalam rumah tangga hingga menemukan titik terang.

Itulah beberapa fakta seputar pernikahan yang nggak banyak orang tahu. Kunci utama dalam pernikahan adalah komunikasi. Segalanya bisa dikomunikasikan terlebih dulu. Dengan begitu, keduanya akan melewatinya dengan mudah. Bukan tentang menakut-nakuti seseorang yang akan menikah, hanya saja agar mereka lebih siap menjalaninya. Semoga bermanfaat!