6 Mitos dan Fakta Seputar Hamil Anak Laki-Laki. Apakah Moms Pernah Mengalami?

Fakta dan mitos hamil anak laki-laki

12 Desember 2021

Photo by Jonas Kakaroto from Pexels via https://www.pexels.com

Mitos seputar kehamilan hingga saat ini masih beredar di masyarakat. Salah satu yang paling menarik adalah mitos seputar hamil anak laki-laki. Katanya kalau hamil anak laki-laki akan sangat nampak dari bentuk perut hingga jenis ngidamnya. Meski jenis kelamin bayi nantinya bisa dilihat saat melakukan USG, namun masih banyak yang percaya tentang mitos hamil anak laki-laki ini.

Beberapa masyarakat menganggap kalau hamil anak laki-laki akan menunjukkan berapa tanda yang dialami ibu. Berikut beberapa mitos dan fakta seputar hamil anak laki-laki, yang siapa tahu Moms alami!

1. Bentuk perut

Banyak mitos yang mengatakan kalau perut ibu hamil anak laki-laki akan terlihat bulat sempurna. Dengan adanya mitos tersebut banyak yang sering menduga ketika melihat ibu hamil berperut bulat, maka bayi yang lahir nantinya adalah laki-laki.

Faktanya, perut ibu hamil sama sekali nggak berpengaruh pada jenis kelamin bayi. Hal tersebut karena jenis perut seorang ibu ketika hamil sangatlah berbeda-beda karena tergantung dari bentuk tubuh maupun usia kehamilannya.

2. Morning sickness

Konon katanya kalau ibu hamil sama sekali nggak mengalami morning sickness, tandanya sedang mengandung anak laki-laki. Namun faktanya, morning sickness bisa dialami semua ibu hamil. Semua tergantung bagaimana kondisi ibu hamil. Bahkan dari sisi medis juga belum ada penjelasan terkait morning sickness.

3. Bulu kaki ibu hamil

Pada ibu yang sedang hamil anak laki-laki biasanya bulu kakinya tumbuh dengan cepat. Sayangnya belum ada penelitian seputar hal tersebut. Faktanya malah justru kuku dan rambut pada ibu hamil hamil lebih cepat memanjang karena adanya perubahan hormon dalam tubuhnya. Hal ini juga nggak ada kaitannya sama jenis kelamin si jabang bayi.

4. Ngidam yang dialami ibu hamil

Mitos yang sering beredar sering mengatakan bahwa ibu hamil yang sedang ngidam makanan asin dan cenderung gurih, kemungkinan sedang mengandung anak laki-laki. Namun jika dilihat dari faktanya, keinginan untuk makan makanan tertentu menunjukkan bahwa ibu membutuhkan nutrisi dari makanan yang diinginkan. Jadi, nggak ada hubungannya antara ngidam dengan jenis kelamin bayi.

5. Warna urin ibu hamil

Dari warna urin ibu hamil pun mitosnya juga bisa menyebutkan jenis kelamin calon bayi. Konon katanya, kalau urine berwarna terang maka si ibu sedang mengandung anak laki-laki. Faktanya, warna urin nggak ada hubungannya dengan jenis kelamin calon bayi. Hal tersebut karena warna urin bisa berubah-ubah tergantung dari asupan cairan yang dikonsumsi ibu hamil.

6. Kondisi kulit ibu hamil

Kondisi ibu hamil yang sedang hamil anak laki-laki biasanya akan muncul jerawat dan kulit akan terlihat lebih kusam. Berdasarkan fakta, hal tersebut ternyata hanyalah mitos. Melansir dari Healthline Parenthood, perubahan wajah pada ibu hamil yang kadang berjerawat disebabkan oleh perubahan hormon saat kehamilan. Hal tersebut sama sekali nggak ada hubungannya dengan jenis kelamin si jabang bayi.

Itulah beberapa fakta dan mitos seputar hamil anak laki-laki. Meski sudah ada USG, namun tetap saja orang seringkali menilai kehamilan seorang ibu dari berbagai mitos yang sering beredar. Semoga bermanfaat ya!