Berhubungan Badan Saat Hamil? Ternyata 5 Hal Ini yang Janin Rasakan!

Ena-ena saat hamil

14 November 2021

Photo by Andreza Vasconcelos via https://www.pexels.com

Kebanyakan pasangan baru masa kini biasanya sudah punya rencana mau langsung punya anak atau berduaan dulu. Katanya sih, mau puas-puasin pacaran setelah menikah. Sayangnya justu ada yang “kebobolan” hingga akhirnya si istri hamil. Kalau sudah hamil jadinya malah mikir-mikir kalau mau berhubungan badan, takutnya malah berdampak buruk pada janin.

Berdasaran pengalaman banyak pasangan, sebenarnya berhubungan badan saat hamil nggak membahayakan janin asalkan berhati-hati. Hal tersebut karena adanya banyak perlindungan natural dari tubuh ibu hamil, seperti cairan ketuban, otot-otot dalam rahim dan lendir tebal yang menutupi leher rahim.

Meksi terbilang aman, namun tetap saja merasa ragu. Uniknya, janin ternyata bisa merasakan beberapa hal ketika Moms dan Dads sedang melakukan hubungan badan. Hmm… penasaran kan? Apa saja yang dirasakan calon baby kalau mama papanya sedang ena-ena?

Berikut yang dirasakan janin ketika orang tuanya berhubungan badan saat hamil;

1.Janin di dalam kandungan akan ikut bergoyang seiring dengan gerakan yang dilakukan mama papanya

Setiap pasangan pastinya selalu menikmati momen saat berhubungan badan. Secara otomatis, setiap gerakan akan membuat janin ikut bergoyang. Hal tersebut juga disampaikan oleh Profesor Fakultas Kedokteran Universitas Yale, Mary Jane Minkin, ia mengatakan bahwa janin akan baik-baik saja meski ikut merasakan pergerakan.

2.Janin berada di tempat yang aman dan proteksi yang baik, meski kadang orang tuanya khawatir

Menjadi calon orang tua baru harus tahu banyak hal. Salah satunya adalah bahwa bayi di dalam rahim sudah terlindungi dengan baik sehingga berhubungan badan saat hamil nggak akan menyakiti si kecil. Menurut John Hopkins Medicine, bayi diselimuti oleh air ketuban yang akan melindunginya dari bentuk cidera apapun. Selain itu, The Bump juga mengemukakan bahwa bagian serviks mempunyai lapisan pelindung ekstra yang mampu berkembang pada usia kehamilan 12 minggu.

3.Janin akan terasa mendapatkan pelukan ketika Moms dan Dads mencapai org*sme

Mungkin yang paling dikhawatirkan dari berhubungan badan saat hamil adalah adanya kontraksi saat keduanya mencapai orgasme. Namun, ketika Moms dan Dads sedang berada di puncak kenikmatan dan mengalami kontraksi, janin malah merasa seperti mendapatkan pelukan hangat. Jadi, nggak ada masalah kalau mau ena-ena saat hamil Moms, Dads!

4.Berhubungan badan saat hamil nggak membuat Moms melahirkan lebih awal, asal…

Adanya kontraksi saat berhubungan badan tentunya membuat Moms khawatir jika melahirkan lebih awal. Namun berdasarkan para ahli mengemukakan bahwa dalam kehamilan yang normal, org*sme sama sekali nggak berbahaya dan memicu kelahiran prematur. Asal nggak ada gangguan kesehatan apapun, aman-aman aja kok, Moms.

Namun yang perlu diperhatikan, cairan sp*rma sebaiknya dikeluarkan di luar atau memakai kond*m agar nggak mendatangkan kontraksi. Berbeda dengan usia kehamilan 8/9 bulan yang sudah aman untuk melakukan “induksi alami”, yakni dengan berhubungan badan.

5.Janin juga merasa senang karena mendapatkan “guncangan”. Namun Moms dan Dads harus tahu kapan waktu yang tepat dan harus dihindari

Meski tergolong aman dan si kecil juga ikut merasakan adanya “guncangan”, namun seks saat hamil juga harus dihindari. Khususnya ketika Moms memiliki masalah seperti adanya keputihan maupun keluar cairan nggak normal dari vag*na, mengalami pendarahan setelah berhubungan badan dan masalah lainnya. Segera konsultasikan ke dokter agar nggak terjadi hal-hal yang kurang baik untuk ibu dan janin.

Saat Moms dan Dads sedang ena-ena, ternyata janin juga nggak mau kalah nih. Ikut mama papanya enak-enakan juga. Jadi, mulai sekarang nggak perlu khawatir lagi kalau berhubungan seks saat hamil. Toh janin juga ikut merasakan banyak hal, kok!