6 Cara Alami Mengobati Panas Dalam pada Batita

Cara Mengobati Panas Dalam Balita

05 Januari 2022

Photo by RODNAE Productions from Pexels via ://

Cara alami mengobati panas dalam pada batita sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, para ibu seringkali khawatir berlebih karena nggak tega meihat si kecil merasa kurang nyaman. Panas dalam yang dialami anak-anak memang akan sangat mengganggu khususnya ketika mereka makan dan minum.

Tak hanya rasa sakit di bagian tenggorokan, si kecil juga akan merasakan rasa gatal dan iritasi di tenggorokan. Hal itulah yang membuatnya merasa sakit ketika menelan. Jika dibiarkan saja hanya akan menganggu pertumbuhan karena sulit untuk menelan nutrisi yang masuk. Untuk itu, Moms bisa mencari cara mudah untuk mengobati panas dalam pada batita.

Mengobati panas dalam pada anak juga nggak melulu dengan obat Moms. Ada beberapa cara alami yang bisa dicoba di rumah lo, ini dia!

1. Meminta si kecil berkumur dengan air garam

Garam selalu menjadi obat alami yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit salah satunya panas dalam. Moms bisa mencampur air dengan garam, kemudian meminta si kecil untuk berkumur. Kandungan pada garam mampu mengikat cairan dan membasmi mikroba yang menyebabkan sakit pada tenggorokan.

2. Memanfaatkan air lemon

Selain garam, Moms bisa memanfaatkan air lemon untuk mengobati panas dalam. Kandungan vitamin C pada lemon mampu meningkatkan jumlah produksi air liur sehingga membran mukosa akan terjaga kelembabannya. Caranya sangat mudah, cukup mencampur lemon pada segelas air hangat dan meminta si kecil meminumnya perlahan.

3. Mengoleskan atau minum madu

Madu juga menjadi salah satu bahan alami yang punya banyak khasiat. Rasanya yang manis juga membuat anak-anak pasti suka. Ketika si kecil sudah mulai mengeluhkan rasa sakit pada tenggorokan, Moms bisa segera memberinya madu. Bisa mencampurnya dengan air hangat atau langsung memberinya madu murni satu sendok.

4. Membuatkan sayur sup untuk si kecil

Sup juga merupakan makanan yang efektif meredakan panas dalam. Tak perlu bingung mencari obat panas dalam yang cocok untuk anak-anak tetapi cukup membuatkannya sup hangat. Jangan lupa tambahkan bawang putih karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sup ternyata tak hanya mengenyangkan tapi juga bisa menjadi obat alami untuk panas dalam.

5. Memastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan sayuran dan buah-buahan

Agar si kecil nggak mudah merasakan panas dalam, Moms bisa mencukupi kebutuhan sayur dan buah-buahan. Kandungan serat, vitamin dan mineral pada sayur dan buah mampu melancarkan pencernaan sehingga imun tubuh menjadi lebih kuat dan nggak gampang sakit.

6. Memanfaatkan humidifier

Kualitas udara juga menjadi salah satu penyebab panas dalam pada anak. Terlebih kalau mereka sensitif. Moms bisa memanfaatkan humidifier agar kualitas udara menjadi lebih sehat. Dengan begitu saluran pernapasannya juga lebih nyaman dan terhindar dari panas dalam.

Selain cara alami yang sudah Mamin share di atas, pastikan si kecil juga cukup waktu tidur. Pada batita yang kurang tercukupi waktu tidurnya akan lebih mudah terkena penyakit. Untuk itu, Moms perlu memperhatikan kuaitas tidurnya. Bagi anak yang susah tidur, Moms bisa memandikan dengan air hangat agar tubuh juga lebih rileks. Semoga bermanfaat ya, Moms!