6 Cara Mendidik Anak Laki-Laki Agar Kelak Menjadi Pribadi Bertanggung Jawab

Cara Mendidik Anak Laki-laki

03 Januari 2022

Photo by Alexandr Podvalny from Pexels via ://

Cara mendidik anak laki-laki tentunya berbeda dengan mendidik anak perempuan. Hal ini karena anak laki-laki nantinya akan menjadi kepala keluarga sehingga harus dibekali dengan tanggung jawab. Tak hanya tentang tanggung jawab, anak laki-laki juga diharapkan memiliki jiwa pemimpin dan mudah beradaptasi dengan berbagai perubahan. Bahkan dalam mendidik dan membesarkan anak laki-laki juga menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua.

Melansir dari Everyday Health, anak laki-laki memiliki hormon testosteron yang tinggi sehingga mereka dapat berperilaku agresif, mudah stres, hingga sulit menenangkan diri. Dari situlah mengapa mendidik anak laki-laki dianggap lebih menantang daripada anak perempuan, meski pada prinsipnya nggak boleh membeda-bedakan antara anak laki-laki maupun perempuan.

1. Bantu anak mengelola emosinya

Melansir dari Womansday, seorang ahli psikolog di bidang terapi remaja, Christine Nicholson, PhD, mengatakan bahwa anak laki-laki tak perlu takut untuk menunjukkan perasaannya saat ia sedang sedih atau marah. Jadi jangan memaksanya untuk selalu kuat. Wajar jika si anak kadang nggak bisa mengontrol emosinya. Tugas orang tua adalah membantu mengelola emosi, menanyakan bagaimana perasaannya dan perlahan mencari solusinya. Dengan begitu, suasanya hatinya akan membaik.

2. Mengajarkan empati sejak dini

Sangat penting bagi orang tua untuk mengajarkan empati sejak dini. Hal ini karena empati adalah kemampuan sosial yang sangat berharga. Dengan memiliki empati yang tinggi akan membuat anak mampu memahami perasaan orang lain sehingga tidak mudah menyakiti hati orang lain. Selain itu nantinya juga mampu membuatnya menjadi ayah yang pengertian dan mampu memahami perasaan anaknya kelak.

3. Mendukung kemampuan dan bakat anak

Sebagai orang tua sebaiknya harus selalu menerapkan dukungan yang realistis. Jangan memberikan dukungan palsu hanya demi menyenangkan hati anak. Cara ini mampu membuat si anak mudah menerima realita bahwa tidak semua hal yang disukai diterima dengan baik oleh orang lain. Hal ini wajar agar mereka nantinya tidak mudah baper.

4. Menanamkan rasa hormat kepada orang lain sejak dini

Orang tua selalu memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak. Khususnya bagi anak laki-laki seharusnya diajarkan bagaimana memperlakukan orang lain dengan baik, bagaimana menjadi sosok yang tegas dan bisa menghormati orang yang lebih tua. Berikan juga konsekuensi ketika mereka berperilaku kurang sopan. Dengan begitu akan membuat anak punya prinsip.

5. Selalu menunjukkan kasih sayang pada anak laki-laki

Mungkin selama ini ada tipe orang tua yang mengaggap hanya anak perempuan yang membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Padahal setiap anak, baik itu anak laki-laki atau anak perempuan sama-sama butuh kasih sayang dari orang tuanya. Penelitian juga menunjukkan bahwa anak laki-laki yang mendapatkan kasih sayang di masa kecilnya cenderung menjadi sosok pria yang penyayang saat dewasa. Hal ini karena sejak kecil sudah diberikan kasih sayang yang berlimpah.

6. Mengajarkan tanggung jawab pada anak sejak kecil

Rasa tanggung jawab memang harus dilatih sejak kecil. Salah satu cara yang bisa Moms lakukan untuk melatih tanggung jawabnya adalah dengan hal-hal kecil seperti membereskan mainannya. Mintalah si anak selalu merapikan mainannya kembali setelah dipakai bermain.

Sebagai anak laki-laki memang harus dibekali tanggung jawab sejak dini. Hal ini agar nantinya mereka tumbuh menjadi pria yang nggak hanya berkarakter tetapi mampu bertanggung jawab terhadap keluarganya kelak. Karakter pria juga ditentukan bagaimana peran orang tua mendidiknya sejak kecil. So, jangan sia-siakan kesempatan ini ya Moms, Dads!