Gimana Ya Cara Efektif Mencegah Cacingan pada Bayi? Simak Tips Berikut!

Cara Mencegah Cacingan Pada Bayi

10 Desember 2021

Photo by leriche bakaza via https://www.pexels.com

Kasus cacingan pada bayi hingga saat ini masih terus meningkat. Kalau ada orang yang beranggapan bahwa cacingan hanya dialami oleh anak-anak, maka hal tersebut salah besar. Cacingan justru sering menyerang pada bayi berusia kurang dari 1 tahun. Maka, para ibu harus lebih memaksimalkan kebersihan khususnya benda-benda yang berada di dekat bayi. Hal tersebut juga merupakan cara paling ampuh mencegah cacingan pada bayi.

Jenis cacing yang biasanya mengintai bayi berusia di bawah 1 tahun adalah cacing kremi dan sering menyerang pada saluran pencernaan manusia. Cacing ini bisa bertahan hingga 2 minggu pada permukaan benda. Moms perlu waspada dengan benda-benda yang berada di dekat bayi, ketika bayi menyentuhnya dan tanpa sengaja memasukkan tangannya ke mulut, maka telur-telur cacing bisa masuk ke saluran pencernaan.

Pada bayi yang terkena cacingan akan menunjukkan beberapa tanda-tanda seperti lebih rewel saat malam hari, diare, iritasi kulit di sekitar anus hingga enggan untuk menyusu. Meski cacingan pada bayi nggak menimbulkan dampak kesehatan yang serius, namun dengan ia enggan menyusu tentu kebutuhan nutrisi dan perkembangannya akan terganggu.

Untuk mencegah cacingan pada bayi, Moms bisa melakukan beberapa tips mudah berikut;

1. Usahakan mencuci pakaian perlengkapan bayi dengan air panas

Moms bisa mencuci baju, pakaian dalam hingga sprei yang digunakan bayi dengan air panas. Mencucinya dengan air panas mampu menghilangkan kuman dengan lebih efektif. Namun jangan tertalu panas karena akan merusaka kain pada bayu si kecil. Selain itu juga biasakan untuk mencuci botol atau empeng bayi dengan air hangat.

2. Menjaga kebersihan kuku bayi

Kuku bayi memang harus selalu higienis. Hal ini karena tanpa sadar si kecil sering memasukkan tangan ke mulutnya. Jika kuku bayi sudah mulai  terlihat panjang, hindari hanya memberikan sarung tangan karena masih ada kemungkinan terkontaminasi. Alangkah lebih baik jika memotong kukunya agar tetap pendek. Jika khawatir bayi rewel saat dipotong kukunya, maka bisa dilakukan ketika ia tidur. Kuku yang bersih dan pendek juga membuatnya lebih bersih.

3. Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah kontak dengan bayi

Ini memang sering diabaikan khususnya bagi mereka yang menjenguk bayi. Kadang nggak sempat cuci tangan karena yakin tangannnya nggak kotor, lalu menggendong bayi dan menciuminya. Demi kesehatan bayi, sebaiknya selalu cuci tangan sebelum menggendongnya, memberi makan hingga akan mengganti popok. Bayi masih sangat sensitif sehingga kita juga harus higienis agar semuanya tetap sehat.

4. Memandikan bayi setiap hari khususnya ketika pagi hari

Untuk memandikan bayi, usahakan pada pagi hari. Selain udaranya lebih segar juga membuat bayi lebih terhindar dari cacingan. Pasalnya, keringat ketika semalaman tidur juga membuat bayi merasa kurang nyaman. Selain itu kondisi yang lembab juga memungkinkan kuman dan bakteri bersarang di tubuh bayi. Jangan sampai absen sehari memadikan bayi ya, Moms.

5. Sering mengganti pakaian bayi khususnya kalau sudah berkeringat

Agar baby merasa semakin nyaman, jangan malas untuk mengganti pakaiannya ketika sudah basah ya Moms. Ini juga akan membuatnya terhindar dari cacingan. Kondisi yang lembab juga mampu memicu bakteri dan kuman sehingga bayi kurang nyaman.

Merawat bayi memang harus selalau higienis, Moms. Hal ini karena bayi masih sangat sensitif, sehingga jangan lupa untuk selalu memastikan tangan bayi selalu bersih ya, Moms. Hal ini untuk mengantisipasi ketika tanpa sadar ia memasukkan tangan ke mulutnya, dengan begitu mereka akan terhindar dari cacingan. Semoga bermanfaat!