5 Cara Mudah Mengeluarkan Duri Tanpa Rasa Sakit

Cara Aman Mengeluarkan Duri

26 Desember 2021

Photo by Ba Phi from Pexels via ://

Seiring bertambahnya usia anak, mereka akan explore hal-hal yang bahkan bisa membahayakan dirinya. Salah satunya seperti terkena duri. Selain membuat orang tua panik, kemasukan duri juga membuat anak spontan menangis karena kesakitan. Meski hanya duri kecil, namun jika nggak segera ditangani akan menyebabkan luka serius. Hal tersebut juga disampaikan oleh Cathy Johnson dari RN Science and Health Unit, pada beberapa kasus, kemasukan duri bisa menjadi masalah serius jika didiamkan saja.

Mengutip dari ABC Australia, sembilan dari sepuluh kasus kemasukan serpihan kayu ini sebetulnya Cuma kejadian ringan, kita bisa langsung mencabutnya. Tapi kadang bisa juga cukup parah yaitu ketika tubuh kita mengenali objek asing yang masuk ke dalam kulit sehingga menimbulkan reaksi imun.

Ketika mendapati anak kemasukan duri pada tangan atau kakinya, Moms bisa mengeluarkannya dengan mudah. Dalam kasus yang ringan juga nggak perlu langsung dibawa ke dokter. Dilansir dari Family Handyman, Moms bisa melakukan cara-cara berikut untuk mencabut duri dari kulit si kecil;

1. Menggunakan lakban. Barang yang satu ini tentunya sudah ada di rumah sehingga bisa langsung memanfaatkannya

Lakban ternyata bisa juga digunakan untuk menarik duri pada kulit si kecil. Caranya juga cukup mudah, Moms bisa nemempel lakban di atas kulit yang terkena duri, kemudian tarik ke arah yang berlawanan dari posisi duri. Dengan mudahnya duri akan tercabut. Cara ini juga nggak membuat si kecil kesakitan kok, Moms.

2. Memanfaatkan garam Epsom (garam inggris). Bumbu dapur yang satu ini juga bisa digunakan untuk menarik duri pada kulit

Ada dua cara memanfaatkan garam untuk menghilangkan duri. Yang pertama ketika duri sudah terlalu menancap dalam, Moms bisa merendam kulit si kecil ke dalam larutan garam. Cara yang kedua adalah dengan menaburkan garam menutupi area yang tertusuk duri. Perlahan akan menarik duri keluar. Mungkin membutuhkan sedikit waktu sehingga harus sabar.

3. Menggunakan cuka. Sifat asam pada cuka mampu mengecilkan pori-pori sehingga mampu menarik duri ke permukaan

Di sini Moms bisa memanfaatkan cuka dapur atau cuka apel untuk merendam kulit anak yang terkena duri. Kemudian tunggu 10 hingga 15 menit. Jika duri belum keluar, maka bisa merendam kulit yang terkena duri dengan air hangat terlebih dulu. Kemudian baru merendamnya ke cuka. Dengan begitu duri akan lebih mudah keluar.

4. Memanfaatkan kulit pisang. Kulit pisang ternyata bisa digunakan sebagai cara alami untuk mengeluarkan duri

Tak perlu panik jika si kecil terkena duri. Untuk tindakan paling cepat bisa memanfaatkan kulit pisang. Caranya sangat mudah, Moms hanya perlu menempelkan kulit pisang semalaman pada kulit anak yang terkena duri. Alangkah lebih baik jika dilakukan sebelum tidur dan biarkan semalaman. Keesokan harinya duri akan muncul ke permukaan kulit atau bisa menempel pada kulit pisang.

5. Menggunakan soda kue. Soda kue memang kaya manfaat salah satunya mampu mengeluarkan duri secara alami

Cara memanfaatkan soda kue untuk mengeluarkan duri adalah dengan menambahkan air ¼ sendok teh dan nantinya akan membentuk pasta. Gunakan adonan tersebut untuk menutupi bagian kulit yang terkena duri, kemudian tutup dengan perban, biarkan selama 24 jam. Nanti setelah dilepas, duri kana terlihat dan bisa langsung perlahan menariknya.

Adalah hal yang wajar jika anak-anak kurang berhati-hati dalam bermain seperti kemasukan duri atau serpihan kayu. Hal tersebut tentu akan menyakitkan dan membuat orang tua buru-buru ambil tindakan. Untuk mengeluarkan duri dengan mudah, Moms bisa menggunakan cara-cara seperti yang sudah Mamin share di atas. Semoga bermanfaat ya!