5 Rutinitas Sebelum Tidur yang Mampu Meningkatkan Bonding dengan Anak. Coba, Yuk!

Bonding sebelum tidur

10 Desember 2021

Photo by Gustavo Fring via https://www.pexels.com

Bonding atau ikatan orang tua dengan anak harus dibentuk sejak dini, bahkan setelah anak terlahir ke dunia. Hal ini agar saat usia anak semakin bertambah, ia akan tetap dekat dengan orang tuanya. Mereka yang ketika beranjak dewasa justru semakin jauh dengan ibu dan ayahnya adalah tanda bahwa bonding yang dilakukan sewaktu kecil sangatlah kurang. Meningkatkan bonding antara ibu dengan anak sebenarnya sangat mudah, salah satunya bisa dilakukan sebelum tidur.

Ikatan yang kuat antara orang tua dengan anak sangatlah penting agar nantinya anak merasa aman, nyaman dan mendapatkan dukungan dari orang tua. Bahkan sesibuk apapun orang tua sebaiknya tetap melakukan bonding dengan anak. Moms dan Dads pun bisa memanfaatkan momen ini sebelum tidur, lo.

Berikut beberapa rutinitas sebelum tidur yang mampu meningkatkan bonding dengan anak;

1. Menyikat gigi bersama-sama sebelum tidur

Membiasakan si kecil peduli terhadap kebersihan giginya harus dimulai sejak kecil. Moms bisa mulai membiasakan mereka untuk selalu menyikat gigi sebelum tidur. Cara ini juga mampu meningkatkan bonding antara orang tua, meski terlihat sangat sederhana. Jadi, jangan sampai dilewatkan, karena selain mengajarkan kebersihan gigi dan mulut sejak dini, hal ini juga mampu meningkatkan ikatan ibu dan anak.

2. Membacakan cerita sebelum tidur

Meski ini sudah dilakukan para orang tua zaman dulu, namun membacakan dongeng sebelum tidur diyakini dapat meningkatkan ikatan ibu dan anak. Manfaat lain yang didapat adalah mampu melatih perkembangan si kecil. Membaca dongeng sebelum tidur nggak hanya sebagai pengantar tidur saja tetapi juga mampu menjalin komunikasi yang lebih baik antara ibu dan anak.

3. Saling memberikan sentuhan fisik ketika menemani anak tidur

Moms bisa memberikan pelukan dan kecupan di kening anak ketika ngeloni si kecil. Tindakan yang dianggap sepele ini ternyata mampu menciptakan ikatan yang kuat antar keduanya. Kalau memang si kecil sudah tertidur, Moms bisa berada di sampingnya sambil menciumi anak. Cara ini akan membuat anak merasa disayang dan nyaman.

4. Menciptakan suasana yang hangat di kamar

Di sini Moms hanya perlu menemaninya di kamar sekaligus untuk quality time bersama. Jangan lupa untuk menciptakan suasana kamar yang nyaman agar si kecil merasa nyaman. Cukup memeluk-meluk anak dan berduaan di kamar seperti ini bisa meningkatkan bonding lo, Moms. Luangkan waktu selepas pulang kerja ya Moms. Dengan begitu, ia akan punya ikatan emosional bahkan saat usianya beranjak dewasa.

5. Saling bertukar cerita seputar hari ini

Komunikasi sagatlah penting entah itu antar suami istri maupun orang tua dengan anak. Cara ini juga bisa dilakukan agar anak semakin lancar dalam berkomunikasi. Moms bisa menanyakan kegiatan apa yang paling membuatnya bahagia hari ini maupun hal random lainnya. Pembahasan ringan seperti ini juga mampu meningkatkan bonding antara anak dan ibunya.

Ikatan emosional antar orang tua dan anak yang sudah terjalin sejak dini tentu akan membuatnya selalu dekat dengan orang tua. Jangan sampai kerena kurangnya bonding justru membuat mereka mencari tempat nyaman yang lain selain orang tuanya. Moms pastinya nggak mau, kan? Itulah beberapa kegiatan sebelum tidur yang mampu meningkatkan bonding dengan anak. Semoga bermanfaat!