Bayi Tertidur Saat Menyusu Bukan Hanya Pertanda Ia Nyaman. Pelajari Selengkapnya, Yuk!

Bayi tertidur saat menyusu

09 Maret 2021

alasan bayi tidur saat menyusu | photo by Laura Garcia via https://www.pexels.com

Terkadang kebiasaan bayi baru lahir mengundang rasa penasaran. Tak cuma untuk orang lain, para ibu pun merasakannnya ketika melihat tingkah si mungil. Salah satu kebiasaan bayi yang menggugah rasa ingin tahu adalah tertidur saat disusui. Biasanya bayi jatuh tertidur di tengah-tengah proses menyusu. Para ibu pasti sering memperhatikannya. Kebanyakan orang mungkin mengira bayi merasa nyaman atau kenyang. Anggapan itu tak keliru, tapi tidak sepenuhnya benar, moms.

Agar tak salah menduga, ada baiknya kamu kenali alasan bayi tidur saat disusui. Sehingga kamu bisa lebih waspada. Pasalnya, bisa jadi bayimu tertidur bukan karena kekenyangan. Simak detailnya!

1. Alasan paling sederhana mengapa bayi tertidur saat disusui adalah karena ia nyaman dan kenyang

bayi tidur karena nyaman dan kenyang | photo by John Finkelstein

Para orang tua nggak perlu khawatir kalau bayi tertidur saat disusui karena kenyang dan nyaman. Alasan ini paling simpel dan bikin tenang sebab nggak ada masalah dalam proses menyusui. Lumrahnya bayi baru lahir akan tertidur di pay*dara sang ibu. Lantaran merasa kenyang saat menyusu, bayi pun merasa nyaman, hangat, dan jatuh terlelap.

Bayi tertidur saat menyusu karena kenyang adalah hal wajar. Apalagi untuk bayi yang baru lahir beberapa minggu sampai satu bulan. Kalau bayimu mengalaminya, kamu nggak perlu cemas berlebihan. Pasalnya, bayi yang menyusu sesuai keinginan akan merasa proses menyusu sebagai pengalaman yang menyenangkan. Selain itu komposisi ASI dan hormon bayi saat menyusu memang memberikan efek tenang dan nyaman, maka sangat wajar jika ia tertidur.

2. Namun patut diwaspadai, bayi yang tertidur saat disusui bisa jadi karena posisi menyusu yag kurang pas juga!

posisi bayi menyusu kurang pas | photo by Polina Tankilevitch

Bayi menyusu tapi kemudian tertidur memang hal yang umum. Tapi sebaiknya moms juga memperhatikan tanda-tanda lain. Kemungkinan bayi tidak tertidur karena nyaman, lo. Akibat posisi menyusu yang kurang pas, bayi pun bisa langsung tidur. Tanda-tandanya bayi langsung tertidur di dada atau biasanya ibu merasa nggak nyaman dan sakit saat menyusui.

Nah, bila moms mengalaminya, segera hentikan isapan bayi. Kemudian masukkan jari ke sudut mulut bayi dan putar jari perlahan-lahan. Usahakan tidak meaik bayi secara langsung setelah ia terlelap. Pasalnya cara tersebut dapat menyakiti dan mengejutkan si buah hati. Cara lain yang bisa digunakan adalah mengganti posisi agar bayi maupun ibu merasa nyaman.

3. Faktor berat badan bayi yang rendah saat ia lahir pun bisa membuatnya lebih mudah tertidur saat menyusu

berat badan bayi saaat lahir | photo by kelvin octa

Jarang diketahui para orang tua, berat badan bayi saat lahir dapat berpengaruh terhadap proses menyusu. Bati dengan berat lahir rendah yakni di bawah 2,500 gram, besar kemungkinan akan mengalami kesulitan saat menyusu. Masalah yang kadang muncul, bayi rentang tertidur saat disusui. Untuk mengatasinya, para orang tua disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

4. Bila dirasa belum kenyang tapi sudah tertidur, kemungkinan bayi merasa lelah atau frustasi

bayi merasa lelah atau frustasi | photo by Ksenia Chernaya

Pada awal-awal masa hidupnya, bayi akan berusaha untuk menyusu secara efektif.  Menukil Orami, seorang konsultan laktasi dari Ottawa beranama McMillan mengungkapkan bayi kadang tertidur saat menyusu walaupun ia belum kenyang. Jadi bukan hanya karena kenyang, bayi yang tertidur ketika menyusu disebabkan oleh rasa lelah atau frustasi karena ia tidak mendapatkan ASI yang diinginkan.

5. Jika bayi terlalu sering tertidur padahal belum kenyang, sepertinya waktu menyusunya saja kurang tepat

waktu menyusu kurang tepat | photo by Mateusz Dach

Meski bisa dikatakan wajar, orang tua harus mulai memperhatikan bila bayi kerap tertidur ketika menyusu. Jika terlalu sering tertidur saat disusui, waktu menyusu pun berkurang. Otomatis bayi kehilangan asupan gizi yang diperlukan. Bila dibiarkan berlarut-larut, buah hati bakal kekurangan gizi dan dehidrasi. Untuk itu, moms harus berusaha membuat bayi terjaga saat masih menyusu. Bayi yang belum kenyang akan menunjukkan gestur kepala mencari sumber ASI. Kalau Moms menemukan tanda tersebut, bangunkan si Kecil dengan lembut. Sehingga bayi bisa menyusu kembali.

Itu dia 5 alasan bayi tertidur saat menyusu. Perhatikan tanda-tandanya supaya Moms tahu bayi sudah kenyang atau belum, ya!