5 Jenis Bau Badan yang Nggak Normal pada Bayi

 Kenali aroma yang nggak normal, untuk mencegah hal buruk terjadi!

16 Januari 2022

Photo by Jonathan Borba from Pexels via ://

Pada umumnya, bayi memiliki aroma yang khas sehingga mampu menjadi aroma menenangkan bagi ibunya. Berdasarkan study yang telah diterbitkan dalam Frontiers in Psychology di tahun 2013, mengatakan bahwa bau bayi memiliki efek positif pada bagian tertentu di otak Mama. Aroma yang ada pada bayi lahir juga merupakan hal yang normal. Akan tetapi adakah bau bayi yang nggak normal?

Bau bayi yang nggak normal memang seringkali ada. Hal tersebut ternyata bukan karena keringat bayi namun lebih mengindikasikan masalah medis tertentu pada bayi. Orang tua pun perlu aware kalau ada yang beda dengan bau badan si kecil, terlebih jika ini sampai mengganggu tumbuh kembangnya. Yuk, simak detailnya berikut ini!

1. Bau apak

Pernah nggak, Moms menggendong bayi tapi baunya sangat apak. Mungkin hal tersebut bukan disebabkan oleh aroma bajunya melainkan berasal dari bau badan si kecil. Bau apak pada bayi disebabkan oleh kelainan metabolisme. Ini juga merupakan kelainan genetika langka yang muncul sejak lahir. Kondisi bayi bau apak ini harus segera ditangani sebelum akhirnya menyebabkan keterlambatan perkembangan, cacat intelektual, kejang hingga gangguan kejiwaan.

2. Bau ikan

Aroma bayi normal tentunya sangat wangi sehingga banyak orang yang ingin menggendongnya. Namun, bau bayi ternyata ada yang amis atau bau ikan. Ini tentu saja bukan disebabkan bau mulut bayi setelah makan ikan. Si kecil yang memiliki jenis bau badan seperti ikan kemungkinan mengalami kekurangan enzim. Bau amis pada bayi juga menandakan bakteri usus yang tidak sehat sehingga aromanya akan sangat mengganggu.

3. Bau kubis

Bau kubis tentunya tidak asing bagi para ibu-ibu. Tapi, pernahkan terpikir kalau ada bayi yang baunya seperti bau kubis? Bau tersebut ternyata mengindikasikan tyrosinema, ini menunjukkan kadar asam amino tyrosine yang tinggi dalam darah. Kondisi ini juga merupakan metabolisme bawaan yang disertai dengan sulitnya kenaikan berat badan hingga masalah neurologis. Jika tidak segera ditangani maka akan berakibat fatal.

4. Bau sirup maple

Bau sirup maple juga merupakan salah satu jenis bau bayi yang tidak normal dan mengindikasikan penyakit urine sirup maple. Jenis penyakit ini terjadi ketika tubuh bayi tidak dapat memproses asam amino tertentu. Bayi yang menderita penyakit ini biasanya sering muntah hingga menyebabkan gangguan nafsu makan hingga kejang atau pembengkakan otak. Kondisi ini bisa ditangani dengan melakukan perawatan secara intensif.

5. Napas bayi berbau buah

Jangan senang dulu ya Moms, kalau napas bayi berbau buah. Ini bisa jadi pertanda buruk karena gula darah yang tinggi. Jika tidak segera diatasi, kemungkinan besar si kecil mengidap diabetes tipe 1 pada masa kanak-kanak. Parahnya juga bisa menyebabkan pembengkakan otak, menyebabkan koma, hingga kematian.

Waspada sejak dini tentu lebih baik daripada menyesal di kemudian hari. Jika Moms mendapati si kecil memiliki bau badan yang nggak normal, maka bisa langsung berkonsultasi ke dokter. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan terburuk. Itulah beberapa jenis bau badan bayi yang nggak normal. Semoga bermanfaat ya!