6 Cara Mempersiapkan Balita untuk Ikut Beribadah di Masjid

Jaga kekhusyukan ibadah meski membawa si kecil ke masjid dengan menerapkan hal di bawah ini!

29 April 2022

Ajari anak tentang agama sejak balita | Created by rawpixel.com from freepik via ://

Menjelang Ramadan, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, telah mengeluarkan SE nomor 08 tahun 2022 mengenai salat tarawih. Disebutkan bahwa masyarakat diperbolehkan menggelar salat tarawih dengan barisan rapat dengan tetap menjalankan protok kesehatan. Tentu ini merupakan kabar gembira bagi seluruh umat beragama Islam yang rindu untuk menjalankan ibadah salat berjamaah di masjid.

Sebagai orangtua, pasti Moms dan Dads juga ingin mengajak si kecil untuk merasakan suasana Ramadan dan salat tarawih. Dengan keluarnya SE ini, tentu akan semakin banyak orangtua yang membawa buah hatinya untuk beribadah di masjid. Namun, perlu diingat bahwa si kecil mungkin belum bisa mengikuti seluruh rangkaian ibadah tarawih yang cukup panjang. Untuk tetap menjaga kenyamanan beribadah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Moms dan Dads terapkan sebelum membawa si kecil ke masjid.

1. Biasakan anak untuk ikut salat saat di rumah

anak salat
Ajari anak tentang agama sejak balita | Created by rawpixel.com from freepik

Masjid bisa jadi menakutkan untuk anak-anak. Di sana, ia akan melihat banyak wajah baru yang belum dikenalnya. Bayangkan juga perasaan si kecil saat semua orang khusyuk menjalankan salat, ia akan mengalami tangisannya diabaikan semua orang. Sebelum hal itu terjadi saat di masjid,v biasakan anak untuk ikut salat berjamaah selama di rumah. Letakkan ia di dekat Moms dan Dads dan ajak si kecil untuk salat bersama. Meski akhirnya ia belum bisa menjalankan dengan serius, setidaknya ia tahu bahwa saat salat Moms dan Dads tidak bisa meresponsnya dengan segera. Setelah salat, jangan bosan untuk terus mengingatkan kondisi tersebut kepada anak.

2. Ingatkan anak untuk tidak menggangu jamaah lain sejak di rumah

Salat berjamaah
Buat kesepakatan tentang tata tertib di masjid bersama anak | photo created by rawpixel.com from freepik

Sebelum membawa anak ke masjid, putarkan video atau bacakan cerita tentang suasana di masjid. Ajak anak berdiskusi tentang hal yang boleh dan tidak boleh ia lakukan selama di masjid. Sepakati aturan tersebut bersama anak. Hal ini akan lebih efektif dibandingkan memberi larangan atau hukuman Lakukan kegiatan ini beberapa kali agar anak dapat mengingatnya dengan baik. Orangtua juga perlu menjadi teladan bagi anak agar dapat bersikap tertib selama di masjid.

3. Biasakan anak untuk mengenakan baju muslim dan masker saat ke masjid

anak mengenakan jilbab
Pakaikan anak baju muslim saat akan ke masjid | photo created by rawpixel.com from freepik

Sejak kecil, anak perlu dilatih untuk menghormati tempat ibadah. Salah satu caranya adalah dengan mengenakan pakaian yang rapi saat akan datang ke masjid. Biasakan anak untuk berpakaian muslim atau menggunakan perlatan ibadah lengkap saat ke masjid. Hal ini untuk menanamkan dalam diri anak bahwa masjid adalah tempat untuk beribadah. Selain itu, tetap patuhi protokol kesehatan dengan membiasakan anak untuk memakai masker.

4. Lakukan secara konsisten agar anak terbiasa

Salat
Salat berjamaah | photo created by rawpixel.com from freepik

Bulan Ramadan adalah waktu paling tepat untuk memperkenalkan ibadah kepada balita. Ingat, anak-anak butuh rutinitas yang konsisten. Dengan menjalankan tarawih di masjid setiap hari di bulan Ramadan, anak akan semakin terbiasa untuk beribadah ke masjid. Namun, jangan menanam ekspektasi terlalu tinggi kepada anak agar mampu menjalankan seluruh rangkaian ibadah tarawih. Sebab, rentang konsentrasi balita untuk dapat duduk tenang masih cukup pendek.

Untuk menyiasati kebutuhan gerak anak agar tidak menggangu orang lain, Moms atau Dads bisa memilih untuk salat di pinggir saf. Jadi, saat si kecil mulai berlarian ia tidak menggangu orang lain yang sedang beribadah. Moms dan Dads pun bisa dengan leluasa bergerak untuk mengambil si kecil agar kembali ke posisinya.

5. Beri apresiasi saat anak mampu beriskap baik selama di masjid

anak di masjid
Apresiasi sikap baik anak saat di masjid | photo created by rawpixel.com from freepik

Berilah pujian pada sikap anak yang tertib mengikuti rangkaian ibadah di masjid agar anak lebih bersemangat melakukannya. Jangan bosan juga untuk mengingatkan anak dan menjadi orangtua siaga agar anak tidak menggangu ibadah orang lain selama di masjid.

6. Berdoalah pada Allah

berdoa
Doakan anak agar menjadi pribadi yang salih | photo created by rawpixel.com from freepik

Tidak ada tempat terbaik untuk meminta selain kepada Allah. Berdoalah kepada Allah agar memiliki anak yang salih. Lakukan doa ini bersama anak dan buatlah kriteria salih tersebut dalam bentuk perilaku yang jelas. Sebab, anak bisa jadi belum memahami konsep salih meski ia ingin melakukannya.

Semoga, tips di atas bisa membantu Moms dan Dads untuk mempersiapkan si kecil beribadah di masjid. Mari sambut bulan Ramadan dengan penuh sukacita. Semoga, Ramadan tahun ini bisa dijalankan dengan normal hingga hari raya. Selamat menjalankan ibadah puasa.