7 Bagian Tubuh Anak yang Nggak Boleh Dipukul Karna Berakibat Fatal

Bahaya Memukul Anak

25 Desember 2021

Photo by Jep Gambardella from Pexels via ://

Ada kalanya tingkah anak memang membuat kita sebagai orang tua merasa kesal hingga ingin memukulnya. Tapi Moms, tolong jangan sampai memukul anak ya! Menjadi orang tua memang butuh kesabaran dalam mendidik anak. Sejengkel-jengkelnya orang tua sebaiknya nggak perlu sampai memukul anak. Apalagi ada bagian-bagian tubuh anak yang ternyata bisa berakibat kejang, buta hingga kematian.

Kesal boleh ya Moms, asal jangan sampai memukul. Toh, kita sebagai orang tua khususnya ibu tentunya nggak ingin jika mereka meniru apa yang kita lakukan. Kadang anak-anak memang bertingkah di luar kesabaran hingga ada rasa ingin memukulnya. Moms perlu tahu kalau ada beberapa bagian tubuh anak yang nggak boleh dipukul. Bagian mana aja sih?

1. Kepala belakang

Pada bagian ini terdapat banyak saraf pengontrol tubuh sehingga sangat rawan ketika mendapatkan pukulan. Bahkan berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Archieves of Neurology menunjukkan bahwa pukulan berulang pada belakang kepala dapat berakibat fatal. Risiko terbesarnya adalah anak mengalami kejang hingga tak sadarkan diri.

2. Telinga

Kadang saking jengkelnya, ada ibu yang sampai menjewer anaknya. Sebaiknya jangan melakukannya karena meski dianggap sepele, hal ini dapat berujung pada gangguan pendengaran. Menjewer telinga anak apalagi kalau sampai berlebihan dapat menyebabkan gendang telinga robek hingga jebol. Moms pasti nggak mau kan, si kecil mengalami gangguan pendengaran?

3. Hidung

Bagian hidung juga rawan mendapatkan pukulan keras. Pada hidung anak tentunya lebih sensitif karena masih memiliki selaput lendir yang ada di lapisan kulit bagian dalam. Tentunya lapisan ini masih sangat halus. Mencubit hingga memencet hidung anak dengan terlalu keras dapat mengganggu jalannya proses sekresi dan kerusakan pembuluh darah. Hal tersebut dapat menyebabkan bengkak hingga lebam.

4. Tulang punggung

Tanpa sadar malah bagian ini sering kena pukul. Padahal dalam tulang punggung terdapat sumsum tulang belakang yang menghubungkan banyak saraf sehingga sangat berbahaya jika terkena pukulan keras. Jangan sampai ya Moms!

5. Pelipis

Pelipis juga sangat rawan jika terkena benturan maupun pukulan. Bagian ini memiliki dinding yang sangat tipis dan mudah retak sehingga ketika terkena pukulan bisa menyebabkan gangguan pada saraf penglihatan hingga kebutaan karena letaknya dekat dengan mata.

6. Bokong

Beberapa orang tua mungkin merasa bagian bokong adalah paling aman untuk dipukul. Sayangnya justru dapat menyebabkan dampak serius jika terkena pukulan. Dari American Academy of Pediatrics (AAP) juga menjelaskan bahwa memukul bokong anak dapat menyebabkan agresi, perubahan otak, penyalahgunaan zat hingga perilaku bunuh diri di masa dewasa.

7. Tulang belikat

Bagian ini berbentuk segitiga yang menghubungkan tulang lengan atas ke tulang selangka dan dada. Pada tulang belikat terdapat banyak otot dan jika terkena pukulan akan menyebabkan rasa nyeri parah hingga ketidakmampuan mengangkat lengan atas. Parahnya bisa memar hingga berkepanjangan lo, Moms.

Penting bagi para orang tua untuk lebih aware akan hal ini. Jangan sampai anak sendiri menjadi korban karena kesalahan orang tua. Nyeselnya bakal seumur hidup Moms. Itulah mengapa menjadi orang tua sangat penting memiliki “bekal” agar nantinya mampu mendidik dan membesarkan anak tanpa kekerasan fisik. Semoga selalu menjadi orang tua terbaik untuk anak-anak ya Moms, Dads!