Bahaya Main Handphone di Dekat Bayi, Moms Wajib Waspada!

Alih-alih sambil jagain anak, ujung-ujungnya bisa bahaya!

18 April 2022

bahaya main hp di dekat anak | Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels via ://

Menjaga dan mendampingi si kecil merupakan momen yang tidak ingin dilewatkan oleh setiap orang tua. Tidak jarang berbagai aktivitas dilakukan di dekat si kecil, termasuk menggunakan gadget, khususnya handphone. Apalagi Moms pasti sering sekali menggunakan handphone saat menyusui anak dan saat menemaninya tidur.

Tidak bisa dimungkiri jika handphone merupakan sarana komunikasi dan hiburan yang paling mudah Moms dapatkan. Namun, perlu diketahui juga jika paparan radiasi handphone berdampak buruk bagi bayi. Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini, Moms!

Kurangnya bonding melalui kontak mata dan sentuhan dari Moms pada bayi

bahaya main hp di dekat anak
Kurang bonding | Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Hal ini bisanya paling banyak dialami pada ibu menyusui yang kerap main handphone sembari menyusui anak. Momen yang harusnya menjadi bonding ibu dan anak melalui komunikasi sederhana,kontak mata dan sentuhan jadi teralihkan karena Moms lebih memperhatikan handphone. Akibatnya Moms kehilangan momen bonding yang cukup penting dengan anak.

 

Radiasi handphone lebih berdampak buruk pada bayi daripada orang dewasa

bahaya main hp di dekat anak
Bahaya radiasi hp | foto oleh Lofilolo dari Depositphoto

Ternyata radiasi handphone bisa lebih bahaya pada anak, terutama bayi di bawah 24 bulan, lo. Menurut penelitian International Agency for Research on Cancer (IARC), radiasi handphone 2 kali lebih mudah diserap oleh bayi. hal ini karena otak bayi belum terlindungi tengkorak yang kuat.

Sebenarnya,otak manusia sangat sensitif terhadap radiasi elektromagnetik, termasuk yang dipancarkan handphone sebagai alat komunikasi. Paparan radiasi ini terjadi karena otak memiliki impuls untuk proses komunikasi sendiri, sementara kinerja elektromagnetik seringkali lebih kuat dari proses alaminya.

Paparan radiasi ini bisa menghambat dan mengganggu kinerja otak, misalnya terjadi kelainan jaringan metabolisme sel-sel sarafnya. saat ini masih dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui dampak radiasi ini pada tumbuh kembang anak.

 

Radiasi handphone bisa meningkatkan risiko tumor pada telinga dan otak bayi

bahaya main hp di dekat anak
Radiasi hp bagi otak bayi | Foto oleh infodariointoni.com dari Depositphoto

Sensitifitas terhadap radiasi yang cukup tinggi membuat bayi lebih banyak menyerap radiasi dari pada Moms. Paparan radiasi yang dipaparkan handphone secara berlebihan dapat meningkatkan risiko pertumbuhan sel tumor yang lebih cepat. Menurut penelitian dari National Institute of Health (NIH) dampak buruk pada risiko tumor paling banyak ditemukan di telinga dan otak sebagai organ yang baling mudah menyerap radiasi.

 

Pancaran sinar blueray dar layar handphone dapat memicu kecemasan.

bahaya main hp di dekat anak
Bahaya blueray bagi bayi | Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Ternyata tidak hanya radiasinya saja, sinar biru atau blueray yang dipancarkan oleh layar handphone juga bisa menyebabkan kecemasan pada bayi. Apalagi jika paparan ini diterima ketika menjelang tidur. Sinar blueray bisa mengurangi kepekaan retina mata dan mengganggu jam tidur, sehingga bisa menimbulkan kecemasan.

Wah, ternyata meski Moms yang pegang dan mainkan handphone, si kecil juga ikut menanggung dampak buruknya, ya. Bagaimana pun handphone merupakan barang elektronik yang terus memancarkan radiasi, walaupun tidak dimainkan langsung oleh si kecil, tapi pada jarak yang cukup dekat yakni 20-50cm, bayi tetap ikut terkena dampaknya.

Mulai sekarang, lebih bijak lagi dalam menggunakan handphone di dekat si kecil ya Moms. Meski kadang butuh untuk videocall dengan keluarga, usahakan jangan terlalu dekat dan maksimal 10 menit saja, ya.