4 Bagian Tubuh Anak yang Nggak Boleh Disentuh Sembarangan. Orang Tua Wajib Paham!

Bagian tubuh privat anak

08 Desember 2021

Photo by Karolina Grabowska via https://www.pexels.com

Sebagai orang tua yang peka terhadap isu pelecehan seks*al anak pasti akan membekali anak dengan berbagai hal. Salah satunya adalah dengan memberikan pengertian kepada mereka tentang bagian tubuh mana saja yang nggak boleh disentuh oleh orang lain. Edukasi s*ks sendiri sangatlah penting diajarkan anak sejak dini, agar anak nantinya mampu melindungi dirinya sendiri.

Kasus pelecehan terhadap anak khususnya perempuan masih sangatlah tinggi. Para orang tua juga diharapkan agar selalu memberikan pengertian tentang bagian tubuh anak yang sama sekali nggak boleh disentuh orang lain bahkan orang tuanya sendiri. Namun ada pengecualiannya, misalnya ketika orang tua sedang memandikannya atau dokter yang hendak memeriksa.

Dengan memberikan edukasi sejak dini, nantinya anak akan paham bahwa ada beberapa bagian tubuh yang nggak boleh disentuh orang lain. Berikut bagian tubuh anak yang harus dilindungi dan nggak boleh sembarangan dipegang;

1. Bibir

Ini merupakan bagian sensitif yang nggak boleh disentuh meski dengan sentuhan yang lembut. Sebenarnya, baik itu orang tuanya sendiri pun juga nggak boleh mencium bibir anak walaupun kasusnya adalah seorang ibu mencium bibir anak perempuannya. Sangat penting bagi orang tua untuk memberikan edukasi ini.

2. Dada dan payud*ra

Bagian ini juga rawan untuk dipegang. Pelaku kejahatan seksual seringkali mengarah pada payudara ketika melancarkan aksinya. Ini nggak hanya dialami oleh orang dewasa saja tetapi juga anak-anak. Untuk itu, para ibu juga harus memberikan pengertian pada anak bahwa nggak ada yang boleh menyentuh bagian sekitar dada.

3. Sekitar kemaluan

Pada anak-anak yang kurang mendapatkan edukasi seks sejak dini seringkali dilecehkan bagian kemaluan dan sekitarnya. Untuk itu orang tua perlu memberi pengetahuan seputar hal ini demi keamanan ketika ia mulai beranjak besar. Bagian sensitif ini juga nggak boleh disentuh orang tua khususnya ketika anak sudah mulai bisa mandi sendiri.

4. Pantat

Kadang orang lain bahkan orang asing secara sengaja menyentuh pantat anak dengan dalih bercanda. Sayangnya hal tersebut merupakan perilaku yang nggak wajar. Jika dibiarkan akan menjurus ke pelecehan seksual. Ajarkan anak agar jangan ada yang menyentuh pantatnya. Hal ini untuk mengantisipasi ketika ia berjalan sendiri dan ada orang yang ingin mencoba menyentuh pantatnya.

Memberi tahu bagian tubuh mana saja yang nggak boleh disentuh anak bisa dilakukan saat anak memasuki usia kurang lebih 3 tahun. Mereka akan mulai paham dengan apa yang dijelaskan orang tuanya. Meski nggak langsung paham namun Moms harus sabar agar mereka nantinya mampu melindungi diri dari tindakan pelecehan seksual.

Agar anak-anak lebih mudah paham seputar bagian tubuh mana yang nggak boleh disentuh, Moms bisa menggunakan media seperti boneka atau benda lain yang bisa membuat mereka lebih paham. Selain itu beri tahu padanya bahwa nggak hanya orang asing saja yang nggak boleh sembarangan menyentuhnya, tetapi juga teman-temannya.

Anak-anak sering nggak sadar karena saking asyiknya bermain lalu menyentuh bagian yang sebenarnya dilarang. Dengan memberikan edukasi sejak dini maka mereka akan semakin paham sehingga nantinya lebih berhati-hati. Semoga bermanfaat ya Moms!