Cara Irish Bella dan Ammar Zoni Kenalkan Puasa pada Anak Sejak Dini

Ada trik khusus dari pasangan ini, lo!

29 April 2022

Irish Bella dan Ammar Zoni kenalkan puasa pada anak | Foto dari Instagram @_irishbella_ via ://

Bulan Ramadan tidak hanya menjadi saat terbaik untuk meningkatkan ibadah saja, tapi juga jadi momen terbaik untuk mengajarkan nilai-nilai agama pada anak. Hal ini bisa dilakukan Moms dan Dads sejak dini pada anak, lo.

Seperti yang dilakukan pasangan seleb Irish Bella dan Ammar Zoni yang mulai mengenalkan puasa pada anak sulung mereka Air Rumi yang usianya belum genap 2 tahun. Buat Moms dan Dads yang penasaran dengan cara Irish dan Ammar mengenalkan puasa pada Air, yuk simak informasi selengkapnya!

 

Boleh makan dan minum tapi ajak anak saat buka dan sahur untuk mengenalkan puasa

Irish Bella dan Ammar Zoni kenalkan puasa pada anak
Potret Ammar Zoni, Air, dan Irish Bella | Foto dari Instagram @ammarzoni

Mengenalkan puasa dan ibadah lainnya pada anak memang harus bertahap. Hal inilah yang membuat Irish dan Ammar memilih untuk mengenalkan puasa pada Air sejak dini. Di usia Air yang belum genap 2 tahun, Irish memang tidak meminta anaknya untuk berpuasa. Air tetap boleh makan dan minum sesuai keinginannya.

Namun, Irish selalu melibatkan Air dalam beberapa proses puasa seperti berbuka bersama keluarga dan sahur. Cara ini merupakan cara paling realistis untuk mengenalkan anak tentang ibadah puasa di usia yang cukup dini.

Meski anak seusia Air memang belum paham apa itu puasa, tapi kebiasaan buka dan sahur menjadi rutinitas yang secara bertahap memberikan pemahaman pada anak. Alih-alih Moms dan Dads jadi cranky saat anak ikut bangun di waktu sahur, ini justru bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan puasa pada anak ya.

 

Irish berusaha tetap puasa meski tengah hamil demi memberi contoh pada anaknya

Irish Bella dan Ammar Zoni kenalkan puasa pada anak
Irish Bella dan Air | Foto dari Instagram @_irishbella_

Selain membimbing dan mengarahkan, orang tua juga wajib memberikan contoh yang baik pada anak. Seperti yang dilakukan Irish yang berusaha tetap berpuasa meski tengah menjalani kehamilan keduanya. Irish memang tidak memaksakan, namun ia tetap berusaha memberikan contoh puasa pada Air.

Hal ini sebenarnya juga dilakukan Irish saat hamil Air. Ia tetap berusaha puasa semampunya demi melatih anak dalam kandungan untuk beribadah.

 

Ajak anak setiap salat lima waktu dan minta anak untuk meniru gerakan salat

Irish Bella dan Ammar Zoni kenalkan puasa pada anak
Potret Ammar Zoni, Air, dan Irish Bella | Foto dari Instagram @_irishbella_

Selain mengenalkan ibadah puasa, Irish dan Ammar juga mengenalkan ibadah paling utama yakni salat lima waktu. Di bulan Ramadan ini, Irish dan Ammar mulai membiasakan anak mereka untuk ikut salat berjamaah. Anak seusia Air memang belum bisa diminta menghafalkan bacaan salat, sehingga Irish memulainya lewat gerakan salat lebih dulu.

Cara Irish dan Ammar dalam mengenalkan ibadah di bulan Ramadan pada anak bisa Moms dan Dads sontek, lo. Meski setiap orang tua punya cara masing-masing dalam membimbing dan mendidik anak tentang nilai agama, setidaknya cara Irish dan Ammar bisa menginspirasi Moms dan Dads, ya.