Menurut Penelitian, Ini 8 Upaya yang Bisa Orang Tua Lakukan Agar Anak Sukses di Masa Depan

Anak cerdas masa depan

10 Maret 2021

Faktor orang tua untuk kesuksesan anak | Credit; Xavier Mouton Photographie via https://www.freepik.com

Setiap orang tua pasti pengin melihat anaknya sukses di kemudian hari. Sederet contohnya bisa sekolah sampai jenjang yang tertinggi, punya kehidupan finansial yang stabil, bisa membantu orang sekitar atau beragam macam definisi sukses lain yang tak selamanya berhubungan dengan materi.

Bisa saja sukses bagi kamu seperti itu tapi berbeda dengan pandangan yang lainnya. Meski demikian, sudah seharusnya setiap orang tua memiliki tanggung jawab untuk memberikan bekal untuk anaknya kelak. Walupun tak ada resep khususnya, sebuah penelitian sempat mengungkap nih Moms beberapa kriteria orang tua yang ideal agar anak bisa sukses di masa depan. Melansir dari Business Insiderberikut faktor penentu orang tua agar anaknya bisa sukses. Yuk, simak ulasannya!

1. Orang tua nggak melarang anak untuk mengerjakan tugas rumah, hal ini justru bisa membangun pribadi anak lebih mandiri, lo

Credit: freepik.com

Beberapa orang mungkin masih menerapkan kalimat “Jangan Dek, kalau kamu yang ngerjain justu nggak bersih!” sesaat setelah anak mencoba untuk menyapu di rumah. Sekarang coba kenali pendapat dari Julie Lythcott Haims mantan dekan di Standford University dan penulis buku “How to Rise an Adult”. Ia mengatakan jika anak melakukan pekerjaan rumah maka nantinya cenderung lebih bisa berhubungan baik dengan rekan kerja. Selain itu anak jadi lebih berempati dan mandiri karena sudah terbiasa dari kecil.

2. Terjalin keakraban antara Ibu dengan anak, layaknya seorang teman namun tetap mempunyai aturan

Credit: freepik.com

Sebuah studi tahun 2014 sempat dilakukan pada 243 anak yang lahir dalam kemiskinan, namun diberikan kasih sayang lebih oleh orang tua. Hasilnya, dalam 3 tahun pertama mereka dapat prestasi yang baik dalam tes akademik dibandingkan murid lain dengan pengasuhan berbeda.

Ini menunjukkan, hubungan yang erat antara orang tua dan anak sejak kecil memberikan hasil yang baik untuk jangka panjang pada masing-masing individu, kata Lee Raby, Psikolog Universitas Minnesota.

3. Orang tua mampu mengajarkan anak untuk bersosialisasi, dengan begitu mereka akan memahami perasaan orang lain dan menyelesaikan masalah sendiri

Credit: freepik.com

Peneliti dari Universitas Pennsylnavia melakukan pengamatan pada lebih dari 700 anak di Amerika. Anak-anak yang dibiasakan bersosialisasi dipercaya dapat membantu orang lain tanpa disuruh, menyelesaikan masalah sendiri, hingga mmpu mendapatkan pekerjaan di usia 25 tahun dan lebih sukses.

Studi menunjukkan membantu anak untuk bersosialisai jadi hal penting yang dipersiapkan untuk masa depan yang sehat,” ujar Kristin Schubert, direktur program Robert Wood Johnson Foundation dilansir Hipwee dari rwjf.org, Selasa (9/3/2021).

4. Moms yang bebas stres juga bisa berpengaruh pada perkembangan buah hati. Sebab, rasa emosional bisa menular dan khawatir turut membuat anak frustasi

Credit: freepik.com

Dikutip dari Brigid Schulte di The Washington Post, waktu ibu yang dihabiskan dengan anak berusia 3-11 tahun berpengaruh besar pada perilaku dan prestasi. Dalam psikologi, perasaan emosional dapat menular, jika ibu bahagia anak juga turut bahagia, namun jika orang tua melihatkan perasaan frustasi maka hal yang sama akan dirasakan oleh anak.

5. Nggak kalah penting, orang tua yang mempunyai harapan tinggi dan kepercayaan pada anak juga jadi faktor penentu kesuksesan

Credit: freepik.com

Mungkin kita sering mendengar “Mama percaya kamu bisa jadi orang sukses”. Ternyata ucapan itu punya makna dalam lo, Moms. Harapan yang orang tua berikan misal bisa kuliah hingga jenjang tertinggi ternyata mampu memengaruhi pencapaian sang anak. Hal tersebut dibuktikan oleh profesor Neal Halfon dari University of California di Los Angeles, ia melakukan survei nasional pada 6.600 anak di tahun 2001. Hasilnya, harapan tinggi ternyata berdampak pada pencapaian anak. Selain harapan, tentunya orang tua perlu memberikan dukungan supaya jalan yang dilalui anak tak terhambat.

6. Mengajarkan matematika sejak dini mampu memberikan dampak besar di masa depan, lo. Hal ini erat kaitannya dengan fokus dan berpikir logis pada anak

Credit: freepik.com

Anak memang mempunyai kecerdasan masing-masing, namun jika kecerdasan matematika yang dimiliki tak diasah bisa saja hanya berakhir begitu saja. Meta-analis pada 2007 dari 35 ribu anak-anak prasekolah di seluruh AS, Kanada dan Inggris menemukan bahwa mengembangkan keterampilan matematika jadi keuntungan besar di masa depan.

7. Orang tua dengan tingkat pendidikan yang tinggi juga menjadi faktor kesuksesan anak. Begini penjelasannya…

Credit: freepik.com

Psikolog Sandra Tang dari University of Michigan melakukan penelitian pada 14.000 anak perihal hubungan pendidikan tinggi orang tua terhadap kesuksesan anak. Hasilnya, ibu yang menyelesaikan sekolah SMA atau perguruan tinggi lebih mungkin membesarkan anak untuk melakukan hal yang sama bahkan lebih. Sebab mereka ingin membuat anak melebihi pencapaian mereka dan menilai pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting.

Itulah sederet faktor dari orang tua yang mampu mendukung anak supaya sukses berdasarkan penelitian. Bukan menjadi sebuah patokan, namun Moms bisa mengambil hal yang baik untuk diterapkan pada kehidupan yang sekarang. Sekali lagi, sukses punya pandangan tersendiri bagi masing-masing orang!