5 Alat Kontrasepsi yang Bisa Digunakan Suami. Karena Bukan Cuma Istri kan yang Harus Jaga Diri?

alat kontrasepsi pria

01 Juni 2019

Kontrasepsi pria via https://pixabay.com

Selain paham merencanakan keuangan keluarga, para pasangan diharapkan dapat merencanakan kehamilan dengan baik pula dan bertanggung jawab. Salah satu cara paling aman dan dianggap ampuh untuk mengendalikan kehamilan adalah dengan menggunakan alat dan teknik kontrasepsi. Nah, kalau selama ini, para istri saja yang lebih bertanggung jawab soal alat kontrasepsi, kini para suami bisa ambil andil juga lo.

Saat ini, terdapat lima alat konstrasepsi yang bisa digunakan oleh pria untuk mencegah kehamilan dan dijamin aman. Apa sajakah itu? Yuk, kita ulas bersama!

1. Coitus Interruptus merupakan salah satu metode yang populer yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan secara ‘manual’

Ejakulasi di luar

Istilah ini biasa disebut juga dengan teknik ejakulasi di luar. Maksudnya adalah pria akan mengeluarkan penisnya ketika ia merasa akan ejakulasi. Ejakulasi dilakukan dengan menjauhi vagina wanita agar sperma tidak menetes ke vulva.

2. Selain Coitus Interruptus, kondom merupakan alat kontrasepsi yang paling populer dan sering digunakan sebagai alat kontrasepsi pria

Banyak rasanya juga lo~

Relatif gampang diperoleh, mudah digunakan, serta harganya yang tidak terlalu mahal menjadikan kondom sebagai alat kontrasepsi yang paling populer. Namun, tidak sedikit juga yang mengeluhkan bahwa kondom dapat sedikit mengurangi kenikmatan bercinta.

3. Kini pil kontrasepsi juga tidak hanya tersedia untuk wanita, namun sedang dikembangkan juga untuk pria lo
Sekarang ada pil untuk pria lo

Dilansir dari laman motherandbaby peneliti dari Wolverhampton University, Inggris, kini mengembangkan pil kontrasepsi untuk pria. Pil yang diminum sebelum berhubungan badan ini ini bekerja untuk menghentikan sementara gerak sperma dalam waktu beberapa menit, agar sperma tidak berenang ke sel telur.

4. Para ahli kini juga tengah mengembangkan suntik testoteron sebagaiĀ  kontrasepsi yang efektif dan aman untuk dilakukan pria
Baru dan modern nih

Metode ini bertujuan untuk menurunkan kadar testosteron alami pria yang nanti akan berguna untuk menekan proses pematangan sperma. Suntikan dilakukan setiap 8 miunggu sekali, dengan menyuntikkan hormon testosteron sintetis dan progestin.

5. Jika kamu dan pasangan sudah mantap tak ingin lagi memiliki anak, kamu bisa mencoba metode vasektomi yang merupakan kontrasepsi permanen

Vasektomi

Dikutip dari laman Kompas.com dokter akan melubangi buah zakarmu untuk menarik saluran penyalur sperma, memotongnya, dan kemudian mengikat kedua ujungnya sebelum menutup kembali buah zakar dengan jahitan. Vasektomi ini dijamin sebagai metode kontrasepsi yang paling efektif untuk mencegah kehamilan lo.

Nah, itu tadi beberapa ulasan mengenai alat kontrasepsi yang bisa digunakan oleh pria. Nyatanya tidak hanya wanita lo yang bisa menggunakan alat kontrasepsi, pria juga bisa kan. Tinggal sesuaikan saja mana metode dan alat kontrasepsi yang nyaman dan aman buatmu. Semoga bermanfaat!