Menurut Penelitian, Ternyata Ini Alasan Anak Perempuan Selalu Identik dengan Warna Pink

Alasan Perempuan Suka Warna Pink

20 November 2021

Photo by Anastasiya Gepp from Pexels via https://www.pexels.com

Sebagai orang tua yang punya anak perempuan, pastinya sering berpikir mengapa selalu membelikan barang bernuansa merah muda untuknya. Dari mulai baju, mainan hingga perlengkapan sekolah pun cenderung berwarna merah muda. Meski perempuan boleh bisa memilih warna apa saja, mengapa hanya warna merah muda yang paling mendominasinya?

Secara ilmiah, ternyata memang anak perempuan lebih tertarik dengan warna merah muda dibandingkan dengan warna lainnya. Melansir dari New Scientist, ada sebuah penelitian tentang asal muasal kesukaan warna yang telah dilakukan oleh University of Newcastle, Inggris. Berdasarkan penelitian, terpilihnya pink untuk anak perempuan didasari oleh alasan biologis.

Perempuan memang cenderung suka dengan warna-warna hangat dan kemerahan. Dari hasil penelitian yang dipimpin oleh Anya Hurlbert tersebut, preferensi warna kemerahan juga sudah dimulai sejak manusia berhubungan dengan mamalia seperti primata gorila. Hewan tersebut memiliki penglihatan lebih baik dari mamalia lainnya karena terdapat reseptor khusus di mata mereka.

Lalu, apa hubungannnya warna merah muda dengan primata gorila? Menurut para ahli, primata betina tersebut lebih mudah memilih buah-buahan yang berwarna kemerahan karena menandakan tingkat kematangan. Dari perilaku naluriah tersebut akhirnya banyak perempuan yang lebih peka terhadap warna merah muda dan warna cerah lainnya.

Pada sumber lain juga mengatakan bahwa warna pink sudah menjadi warna kesukaan perempuan sejak tahun 40-an. Sebelum abad 20, sebenarnya anak-anak lebih akrab dengan warna-warna netral seperti putih, cokelat dan cokelat muda. Kemudian di tahun 40-an, muncul warna pembeda untuk laki-laki dan perempuan. Biru untuk laki-laki sedangkan pink untuk perempuan.

Secara teori, alasan perempuan lebih menyukai warna pink adalah karena warna tersebut erat kaitannya dengan emosi atau sifat keibuan yang dimiliki. Jika dibandingkan dengan laki-laki, tentunya perempuan lebih mudah mengungkapkan ekspresinya. Ketika mereka mengekpresikan perasaannya, maka cenderung membuat kulit mereka bersemu mirip warna merah muda. Para ilmuwan percaya bahwa perempuan sangat sensitif terhadap semua warna yang mendekati merah termasuk warna pink.

Saking menariknya pembahasan tentang mengapa anak perempuan lebih suka warna pink, psikolog Gracia Inovica M.Psi berpendapat bahwa ada faktor psikologis yang mengarahkan anak perempuan untuk menyukai warna pink. Menurutnya, pada usia anak sekitar 2,5-3 tahun mereka mulai mengenali identitas gendernya, salah satu petunjuk yang menjadi pembeda adalah warna. Hal tersebut juga berkaitan dengan budaya.

Anak perempuan selalu diharapkan menjadi yang feminin, penyayang, dan penuh kelembutan sehingga pink menjadi warna yang cocok untuk mereka. Tapi semakin ke sini, anak-anak mulai explore dengan warna lain. Misalnya, anak perempuan nggak selalu memilih warna pink, begitu juga anak laki-laki yang selalu identik dengan warna biru.

Sebagai orang tua tentunya juga nggak ingin memberikan didikan yang seolah membatasi anak hanya karena warna. Anak perempuan juga boleh memilih warna biru atau warna lain untuk barang-barang favoritnya. Moms bisa menanamkan pada mereka bahwa warna pink maupun biru nggak ada kaitannya dengan gender. Dengan begitu, saat sudah besar nanti mereka nggak akan terlalu membeda-bedakan kalau yang seharusnya memakai warna pink adalah perempuan.

Semoga bermanfaat, ya!