Ternyata Ini 5 Alasan Ilmiah Mengapa Suami Istri Makin Lama Makin Mirip

Alasan Mengapa Suami Istri Mirip

29 November 2021

Photo by Gustavo Fring via https://www.pexels.com

Katanya, tanda bahwa dia jodoh kita adalah adanya kemiripan antar keduanya. Tapi kadang kita malah berjodoh dengan orang yang nggak ada mirip-miripnya sama kita. Hmm…lantas apakah dia bukan jodoh yang sesungguhnya? Tenang Mom, Dads, nggak usah khawatir dulu. Meski berjodoh dengan orang yang nggak mirip dengan diri sendiri, namun seiring berjalannya waktu akan ada muncul kemiripan.

Melansir dari buku The Definitive Book of Body Language yang ditulis oleh Allan & Barbara Pease, menjelaskan bahwa dua orang yang hidup bersama dalam waktu yang lama dan memiliki hubungan yang baik, seringkali mereka mulai tampak mirip. Jadi, kalau awalnya belum ada kemiripan, seiring berjalannya waktu akan mirip, entah itu dari wajah, perilaku dan lainnya.

Kemiripan dua orang setelah menjadi suami istri tentunya bukan hanya kebetulan karena ada alasan ilmiah yang mendasarinya. Bukan saudara kandung tapi kok Moms dan Dads lama-lama bisa mirip ya, berikut alasannya;

1. Melihat pantulan diri sendiri setiap hari dan setiap saat

Gimana nggak mirip? Setiap hari mulai bangun tidur hingga balik ke kamar tidur lagi yang dilihat Cuma suami atau istri. Penelitian juga menyebutkan bahwa seseorang selalu mencari pasangan yang merefleksikan dirinya yang punya perilaku mirip. Secara nggak sadar, itulah yang membuat Moms dan Dads lama-lama punya kemiripan perilaku maupun wajah karena merupakan pantulan diri sendiri.

2. Saling berbagi pengalaman hidup dan punya kebiasaan yang sama

Kita akan sangat mengenal pasangan ketika sudah menikah dan melewati hidup bersama. Tentunya akan ada momen saling berbagi pengalaman dan ternyata keduanya memiliki kebiasaan yang sama. Bahkan penelitian juga mengungkapkan kalau pengalaman hidup yang dimiliki suami istri bisa memengaruhi bahasa tubuh dan emosional. Ya wajar aja kalau makin mirip.

3. Cenderung memilih pasangan yang mirip dengan orang tuanya

Laki-laki biasanya lebih tertarik dengan sosok perempuan yang ada kemiripan dengan ibunya. Begitu juga anak perempuan yang tertarik dengan laki-laki yang punya sifat mirip dengan ayahnya. Hal ini juga sudah dijelaskan dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan dalam The Royal Society Publishing oleh psikolog Anthony C, Benedict C. Jones dan Lisa M. DeBruine. Mereka mengonfirmasi bahwa seseorang lebih memilih pasanganyang mirip dengan orang tuanya.

4. Selalu melewati berbagai hal bersama-sama

Menjadi suami istri yang saling cocok satu sama lain tentu akan mudah berbagi hal-hal kecil agar rumah tangga semakin harmonis. Melewati tahun demi tahun dalam pernikahan membuat keduanya semakin mirip. Seorang psikolog asal Amerika, Robert Zanjonc, mengungkapkan bahwa orang-orang yang tinggal dalam satu rumah akan mulai terlihat mirip secara fisik. Hal ini karena mereka selalu melewati apapun bersama-sama sehingga kemiripan akan semakin nampak.

5. Kemiripan juga terjadi pada kekebalan tubuh antar pasangan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan Edward J Carr dan James Dooley dalam jurnalnya, pasangan yang sudah lama menikah memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat mirip. Kemiripan ini disebabkan oleh gaya hidup seperti kebiasaan makan dan olahraga. Itulah mengapa kekebalan tubuhnya juga sama.

Secara ilmiah, alasan tersebut lah yang membuat suami istri makin lama makin mirip. Selain itu, faktor kebahagiaan antar pasangan juga bisa memengaruhi tingkat kemiripan, lo. Hal ini karena mereka cenderung menirukan ekspresi maupun mimik. Apalagi kalau keduanya punya selera humor yang sama, pasti bikin hidup makin happy deh!