9 Tipe Dads saat Bermain Bareng Anak. Ada yang Biasa Hingga Bikin Geleng-Geleng Kepala!

Kadang suka dilema menitipkan anak ke ayahnya, abis suka bikin geleng-geleng kepala :")

20 Juni 2022

Tipe-tipe Dads saat bermain bersama anak | Foto oleh ANTONI SHKRABA dari Pexels via ://

Kadang Moms dan Dads memiliki cara mengasuh anak yang berbeda, meski nilai-nilai dan prinsip yang diajarkan tetap sama. Moms ingin anak rapi, rajin, teratur, sedangkan bagi Dads yang penting seru dan anak tidak rewel. Maka jangan heran ya, jika momen ketika Dads bermain bersama anak sering membuat Moms geleng-geleng kepala.

Tidak jarang, kelakuan Dads juga sering membuat Moms kesal dan khawatir. Namun, tidak jarang pula Dads justru sangat posesif pada anak. Pokoknya, setiap Dads punya caranya sendiri saat menciptakan momen berharga bersama anak. Berikut beberapa tipe Dads saat bermain bersama anak. Coba simak, Dads tipe yang mana?

 

1. Si pengajar yang lurus-lurus aja, kasih edukasi dan petuah-petuah

tipe ayah saat bermain bersama anak
Dads saat mengajari anak sesuatu | Foto oleh Keira Burton dari Pexels

Sebagai sosok yang dijadikan panutan dalam keluarga, Dads memang ingin mengajari anak suatu hal. Tapi, di tipe ini Dads memang layak disebut si pengajar, karena biasanya Dads lebih memilih mengedukasi anak tentang berbagai hal, seperti ngobrol tentang ilmu-ilmu baru yang membuat anak merasa excited, sampil memberikan petuah. Bikin hati Moms adem dan bangga deh!

 

2. Si panutan berbagai hal dari yang aman dan normal, sampai bikin Moms jantungan~

tipe ayah saat bermain bersama anak
Panutan | Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Selain mengajari ilmu-ilmu baru, ada juga tipe Dads yang dijadikan panutan oleh anak. Biasanya, Dads akan mencontohkan banyak hal untuk ditiru anak. Mulai dari menggambar, menulis, sampai hal-hal ekstrem seperti memanjat, melompat atau hal-hal lain yang menurut Moms bisa membahayakan, tapi justu dianggap seru dan lucu oleh anak dan Dads.

 

3. Si pendengar yang baik dan cocok dijadikan tempat curhat anak

tipe ayah saat bermain bersama anak
Pendengar yang baik | Foto oleh Tatiana Syrikova dari Pexels

Bagi Dads, bisa menjadi teman bercerita bagi anak adalah hal yang menyenangkan. Sebab, itu artinya anak merasa aman dan nyaman ketika bersama Dads. Tipe Dads seperti ini biasanya lebih banyak mendengarkan apa pun yang anak ceritakan. Dads tidak pernah menghakimi anak dengan ceritanya, bahkan bisa berdiskusi untuk menemukan solusi dari masalah yang anak hadapi. Sikap Dads yang seperti ini layang dipertahankan sampai anak dewasa, lo.

 

4. Si paling bisa main peran apa pun yang anak butuhkan

tipe ayah saat bermain bersama anak
Main peran | Foto oleh Tatiana Syrikova dari Pexels

Mau jadi princess, pelanggan salon, polisi,pencuri, sampai jadi kuda juga bisa. Bagi Dads tipe ini, kebahagiaan dan momen seru bersama anak adalah hal yang utama. Tidak heran jika Dads tipe ini rela mendalami peran demi bisa menyelami dunia bermain anak. Berasa jadi bocah lagi deh, kalau lagi sama anak~

 

5. Si nyambi main game, yang penting anak aman dalam jangkauan

tipe ayah saat bermain bersama anak
Main game | Foto oleh August de Richelieu dari Pexels

Bagi Dads tipe ini, waktu bermain bersama anak adalah waktu yang tepat untuk bermain game sendiri. Sebab, Dads bisa bermain sekaligus menemani anak yang juga asyik bermain sendiri. Biasanya Dads di tipe ini akan mengizinkan anak main apa pun asalkan masih dalam jangkauan mata. Tapi, kalau lengah dikit dan anak berteriak, biasanya Moms langsung bertindak~

 

6. Si suka nge-blank dan bingung, berasa bego banget di depan anak

tipe ayah saat bermain bersama anak
Bingung | Foto oleh Tatiana Syrikova dari Pexels

Bagi Dads yang jarang bermain bersama anak, atau sedang sibuk urusan pekerjaan, biasanya merasa banyak bingung ketika bersama anak. Baik itu urusan cara bermain, mengurus keperluan anak, maupun saat menjawab pertanyaan-petanyaan randomnya. Tidak jarang hal-hal kecil Dads harus bertanya pada Moms. Dads tipe ini biasanya paling panik kalau Moms harus pergi cukup lama dan Dads harus menjaga anak sendirian.

 

7. Si tukang curi-curi waktu tidur, yang penting anak tidak rewel semua aman!

tipe ayah saat bermain bersama anak
Curi waktu tidur | Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Hayo, adakah Dads yang merasa bawaannya ngantuk saat menemani anak bermain? Hal ini karena faktor kelelahan, atau bisa juga karena Dads tidak bisa masuk dalam dunia permainan anak. Jadi momen bermain justru membuat Dads bosan dan berujung mengantuk. Namun, Dads selalu berupaya anak tidak rewel kok, biasanya sih dikasih gadget dan meminta anak duduk anteng sambil nonton YouTube, sementara itu Dads curi-curi waktu tidur.

 

8. Si bebas lepas, yang penting seru dan anak tidak rewel

tipe ayah saat bermain bersama anak
Bebasin aja~ | Foto oleh Gustavo Fring dari Pexels

Tipe Dads sperti ini biasanya paling disukai anak-anak, tapi bikin Moms emosi. Sebab, biasanya apa yang Moms larang untuk anak, pasti dizinkan saat bersama Dads. Tidak heran jika anak jadi lengket dengan Deds. Biasanya Dads selalu membeskan anak untuk makan atau jajan apa saja, dan boleh bermain apa saja. Bagi Dads, yang penting momen bermain jadi seru dan anak tidak akan rewel karena keinginannya terpenuhi.

 

9. Si paling kreatif sering bikin anak kagum dengan permainan yang Dads buat

tipe ayah saat bermain bersama anak
Kreatif | Foto oleh Tatiana Syrikova dari Pexels

Dads tipe ini biasanya selalu punya cara untuk membuat permainan yang menurut anak unik dan seru. Tidak peduli rumah jadi berantakan atau Dads sendiri jadi kerepotan, yang penting anak bisa bermain dengan senang. Misalnya membuatkan rumah-rumahan dengan kardus atau selimut, membuat mobil dengan keranjang, dan sebagainya.

Nah, itulah tipe-tipe Dads saat bermain bersama anak. Meski kadang membuat Moms geleng-geleng kepala, mengelus dada, sampai emosi, tapi percayalah Dads selalu berusaha yang terbaik saat bersama anak.