Hanya Bermodal 9 Menit, para Orang Tua Bisa Mengubah Mindset Anak. Ini Rahasianya!

9 Menit yang Mengubah Mindset Anak

22 Oktober 2021

Photo by RODNAE Productions via https://www.pexels.com

Semua orang tua pasti ingin membekali anak dengan pola pikir yang bagus. Semua memang dimulai ketika anak masih kecil. Tak dimungkiri, kecerdasan emosional anak akan sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara orang tua dalam mendidiknya sejak dini. Itulah mengapa Mom sangat penting untuk selalu mendampingi anak khususnya di usia tumbuh kembangnya.

Berdasarkan pemaparan dari Jack Panksepp, seorang Affective Neuroscientist, mengatakan bahwa semakin anak dikelilingi oleh emosi positif, maka mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih produktif dan bagian dari masyarakat yang berbahagia. Hal itu tentunya menjadi kesempatan emas bagi orang tua untuk membentuk pola pikir anak.

Photo by Katie E from Pexels

Dalam membentuk mindset anak sejak dini, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap sikapnya saat mereka sudah dewasa. Salah satu caranya sangat mudah yaitu dengan meluangkan waktu selama 9 menit setiap harinya. Waktu 9 menit tentunya bukan waktu yang lama kan, Moms?

Berikut Mamin kasih tips membagi 9 menit untuk melakukan komunikasi dengan si kecil. Meski waktunya singkat, ternyata mampu mengubah mindset, perkembangan otak hingga kesehatan mental si kecil lo Moms.

Pertama adalah waktu 3 menit pertama bisa dilakukan ketika membangunkan anak di pagi hari

Photo by Alex Green from Pexels

Pada moment membangunkan anak, Moms nggak selalu harus memaksa anak langsung bangun. Hal tersebut justru akan membuatnya kesal. Membangunkan anak memerlukan cara khusus karena mood anak yang belum stabil. Memaksanya untuk langsung bangun hanya akan membuat moodnya berantakan sepanjang hari.

Agar 3 menit dalam membangunkan anak lebih berarti, maka Moms bisa sambil melakukan percakapan kecil sambil memeluknya. Meluangkan waktu sejenak cuddling sama anak juga efeknya bagus lo Moms. Dengan begitu, anak perlahan mau bangun dan tentu saja dengan mood yang bagus karena bangunnya tanpa paksaan.

Kedua adalah waktu 3 menit ketika anak pulang dari sekolah

Photo by August de Richelieu from Pexels

Sebagai anak-anak tentu akan punya banyak cerita ketika di sekolah. Entah itu cerita yang menyenangkan atau menyedihkan, pasti mereka akan mengeluarkan unek-uneknya. Moms sebaiknya jangan hanya diam saja ketika anak pulang dari sekolah. Meski sedang sibuk memasak atau mengurus pekerjaan rumah, jangan pernah cuekin anak ketika mereka pulang dari sekolah ya Moms.

Moms hanya perlu meluangkan waktu 3 menit dan akan berdampak selamanya. Sambut si kecil ketika pulang sekolah. Cobalah untuk menanyakan, “hari ini diajarin apa aja, nak?” atau sekadar, “eh anak mamah udah pulang nih..”. Meski seringkali dianggap sepele, nyatanya 3 menit tersebut mampu mengubah pola pikir si kecil dan sangat berpengaruh saat ia dewasa.

Ketiga adalah waktu 3 menit sebelum anak mulai tidur di malam hari

Photo by Tatiana Syrikova from Pexels

Ini merupakan 3 menit terakhir yang dampaknya sangat bagus. Saat anak hendak tidur, Moms jangan hanya menyelimuti dan bilang, “met bobok ya sayang”, lalu pergi meninggalkanya. Sesekali menunggu anak sampai tertidur juga bagus untuk perkembangan otaknya lo, Mom.

Memanfaatkan waktu 3 menit sebelum si kecil tidur juga nggak melulu membacakan cerita. Moms bisa mengajak si kecil bercerita, misalnya menanyakan, “hari ini seneng nggak sayang? Yang bikin seneng apa nih..”. Dengan begitu akan lebih menyenangkan bagi si kecil.

Meluangkan waktu 9 menit setiap hari tentu bukan hal yang berat. Apalagi dengan waktu singka tersebut mampu mengubah pola pikir anak sekaligus mampu memaksimalkan perkembangan otaknya. Dan yang paling penting, mereka juga akan terhindar dari jenis kesehatan mental karena adanya perhatian cukup dari orang tuanya. Semoga bermanfaat ya!