9 Hal Sederhana yang Boleh Dilakukan di Hari Minggu, Supaya Semua Bisa Santai~

26 Juni 2022

ide kegiatan hari minggu | Foto oleh Elina Fairytale dari Pexels via ://

Hari Minggu menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu bagi siapa saja. Dads libur kerja, anak libur sekolah, dan Moms yang bekerja juga libur. Hari Minggu bisa dimanfaatkan untuk quality time bersama keluarga. Sayangnya, hari libur seringkali membuat pekerjaan Moms semakin banyak, mulai dari memasak, beres-beres rumah, cucian dan setrikaan yang menumpuk.

Kalau sudah begini, kapan Moms bisa libur untuk me time ya? Namun, alih-alih me time, benar-benar quality time bareng keluarga saja kadang masih diganggu dengan urusan domestik. Oleh karena itu, Moms dan Dads harus kerja sama nih, misalnya menyelesaikan pekerjaan domestik di hari Sabtu, sehingga hari Minggu bisa memilih kegiatan yang jarang bisa dilakukan di hari-hari biasa.

Berikut beberapa kegiatan yang boleh dilakukan di hari Minggu, biar sekeluarga bisa sama-sama menikmati waktu santai buat me time

 

1. Mulai Sabtu malam atau malam Minggu, anak boleh tidur lebih malam

ide kegiatan hari minggu
Anak tidur lebih malam | Foto oleh Cottonbro dari Pexels

Jika Moms dan Dads membiasakan anak tidur tepat waktu, misalnya jam 8 malam sudah harus tidur, maka di malam Minggu anak boleh tidur lebih malam. Waktu ini bisa dimanfaatkan untuk menonton film keluarga bersama.

 

2. Minggu pagi, semua boleh bangun lebih siang

ide kegiatan hari minggu
Bangun siang | Foto Ketut Subiyanto oleh dari Pexels

Jika biasanya Moms harus bangun paling pagi untuk menyiapkan sarapan, Dads harus siap-siap pergi kerja, dan anak pergi sekolah, maka di hari Minggu semua boleh bangun siang. Misalnya setelah ibadah boleh balik ke tempat tidur lagi.

 

3. Moms boleh libur memasak, jadi kalau mau makan bisa pesan atau sekalian ajak anak-anak makan di luar

ide kegiatan hari minggu
Pesan makanan | Foto oleh Cottobro dari Pexels

Karena sudah bangun siang, jadi Moms boleh sekalian libur masak. Hitung-hitung buat menghemat cucian piring dan tidak perlu beres-beres dapur~

 

4. Cucian baju atau setrikaan boleh dibawa ke tukang laundry saja

ide kegiatan hari minggu
Laundry | Foto oleh Darya Sannikova dari Pexels

Biasanya, hari Minggu cucian baju menggunung, apalagi setrikaan. Ini pekerjaan domestik yang biasanya paling membuat Moms ekstra kerja keras. Jadi, supaya bisa menikmati hari Minggu, cucian kotor dan tumpukan setrikaan hari sebelumnya, boleh dibawa ke tukang laundry saja ya.

 

5. Dads boleh melakukan hobinya bersama teman-teman

ide kegiatan hari minggu
Melakukan hobi | Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Dads biasanya punya hobi olahraga misalnya bersepeda, futsal, tenis atau lainnya. Nah, mumpung libur kerja, jadi Dads boleh melakukan hobinya. Asalkan ingat waktu saja ya, karena harus gantian dengan Moms.

 

6. Moms boleh santai biar bisa me time dengan ke salon, nonton drama, atau kumpul sama teman

ide kegiatan hari minggu
Ke salon | Foto oleh Rodna Production dari Pexels

Moms dan Dads bisa bagi waktu ya, supaya gantian buat jaga anak. Jadi, jika Dads boleh melakukan hobi, maka Moms boleh me time. Sementara Moms santai, Dads bisa gantian menjaga anak.

 

7. Moms dan Dads boleh quality time sambil hangout berdua

ide kegiatan hari minggu
Jalan berdua | Foto oleh Leah Kelley dari Pexels

Kalau anak bisa ditinggal atau dititipkan ke saudara, Moms dan Dads boleh hangout berdua ya. Bisa sekalian kencan dan quality time tanpa anak, biar makin mesra~

 

8. Anak boleh main gadget atau screen time lebih lama

ide kegiatan hari minggu
Main gadget | Foto oleh Kaku Nguyen dari Pexels

Jika biasanya Moms dan Dads membatasi waktu screen time, maka di hari Minggu anak boleh screen time lebih lama. Bisa main gadget atau menonton televisi.

 

9. Anak juga boleh membeli jajan kesukaan yang sebenarnya tidak terlalu Moms bebaskan

ide kegiatan hari minggu
Boleh jajan | Foto oleh Alex Green dari Pexels

Misalnya Moms membatasi anak makan es krim atau permen. Nah, di hari Minggu anak jika mau boleh membeli jajan tersebut.

 

Nah, itulah sederet hal sederhana yang boleh dilakukan keluarga di hari minggu. Moms bisa pilih mana saja yang bisa diterapkan dalam keluarga, atau bisa bikin kegiatan lain. Pada intinya kegiatan di atas adalah kegiatan yang biasanya memang tidak bisa dilakukan di hari biasa.

Jika Moms dan Dads ingin memasukkan agenda rekreasi atau jalan-jalan, maka bisa dibuat jadwal dua minggu sekali atau sebulan sekali. Hal ini supaya Moms dan Dads tetap memiliki waktu untuk me time, supaya tidak jenuh dengan rutinitas.