8 Ide Quality Time untuk Moms dan Dads Setelah Punya Anak

Setelah punya anak, waktu untuk berdua selalu kurang maksimal. Betul?

20 Juni 2022

Ide quality time dengan pasangan setelah punya anak | Foto oleh Dmitriy dari Depositphoto via ://

Mungkin banyak pasangan yang belum menyadari jika hubungan yang baik setelah menikah dan punya anak tidak hanya dalam bekerja sama menjadi orang tua yang baik. Namun, Moms dan Dads juga harus menjaga hubungan sebagai pasangan yang harmonis.

Sayangnya, setelah punya anak prioritas sebagai pasangan harus terbagi dengan tugas sebagai orang tua. Bayangkan saja jika Moms sibuk mengurus anak dan rumah, belum lagi jika Moms juga harus bekerja. Dads juga pastinya hanya punya sedikit waktu setelah bekerja untuk keluarga. Akhirnya, Moms dan Dads jadi tidak bisa menikmati waktu berdua sebagai pasangan.

Padahal, ini sangat penting untuk menjaga keharmonisan dan menjaga komunikasi supaya tetap bisa saling memahami. Hal inilah yang membuat Moms dan Dads memerlukan quality time berdua saja sebagai pasangan, bukan sebagai orang tua. Jika Moms dan Dads bingung mencari waktu luang untuk berduaan saja tanpa gangguan anak, berikut beberapa ide quality time yang bisa Moms dan Dads coba!

 

1. Pillow talk dan cludding saat anak-anak sudah terlelap. Duh, romantis!

Ide quality time dengan pasangan setelah menikah
Pillow talk | Foto oleh gpointstudio dari Depositphoto

Ide quality time pertama paling sederhana adalah pillow talk sebelum tidur. Saat anak sudah tidur, Moms dan Dads jangan langsung ikut tidur. Luangkan waktu paling tidak 30 menit untuk saling menanyakan kegiatan seharian yang telah dilalui. Hal ini bisa membuat Moms dan Dads lebih terbuka dan saling memberikan dukungan.

Setelah itu, lanjut dengan cludding atau memeluk pasangan dengan erat untuk saling menenangkan dan memberikan rasa nyaman. Selain sebelum tidur, cludding juga bagus dilakukan sesaat setelah bangun tidur, sebelum Moms dan Dads beranjak dari ranjang untuk memulai aktivitas.

 

2. Memasak bersama, meski menu yang dibuat tergolong sederhana

Ide quality time dengan pasangan setelah menikah
Masak berdua | Foto oleh wavebreakmedia dari Depositphoto

Bagi sebagian pasangan, memasak adalah kegiatan yang bisa mendekatkan satu sama lain. Moms dan Dads bisa berdiskusi untuk menentukan menu, membagi tugas, dan menikmati hasil masakan bersama. Selain tidak perlu meninggalkan anak sampai keluar rumah, quality time seperti ini juga efektif untuk menjaga komunikasi dan kerjasama, lo.

 

3. Ngeteh atau ngopi sambil ngemil berdua

Ide quality time dengan pasangan setelah menikah
Ngeteh | Foto oleh pressmaster dari Depositphoto

Di sela kesibukan sebagai orang tua dan kepentingan pekerjaan, Moms dan Dads pati butuh waktu ngobrol berdua yang santai. Coba deh agendakan tiap akhir pekan luangkan waktu satu jam untuk minum teh atau kopi bersama sambil ngemil camilan favorit di halaman rumah. Suasana quality time sederhana seperti ini bisa jadi sarana ngobrol yang santai tapi tetap bermakna.

 

4. Membaca buku atau nonton film bersama di rumah

Ide quality time dengan pasangan setelah menikah
Baca buku bareng | Foto oleh 1greyday dari Depositphoto

Buat Moms dan Dads yang butuh hiburan sekalian quality time berdua, tapi tidak punya banyak waktu untuk meninggalkan anak, membaca buku atau menonton film berdua bisa jadi pilihan. Manfaatkan waktu malam ketika anak sudah tidur, atau sedang sibuk dengan kegiatannya sendiri.

Membaca buku atau pun menonton film bersama bisa membuat Moms dan Dads menyamakan sudut pandang sebagai pembaca atau penonton. Apalagi jika diselingi obrolan yang berkaitan dengan bacaan atau tontonannya. Setelah itu, juga bisa mengambil hikmah atau makna bersama-sama.

 

5. Olahraga berdua; bikin sehat dan makin mesra!

Ide quality time dengan pasangan setelah menikah
Workout bersama | Foto oleh Dmyrto dari Depositphoto

Jika Moms dan Dads cukup sibuk sekadar meluangkan waktu untuk olahraga, coba lakukan kegiatan ini berdua. Selain bisa jadi momen quality time, Moms dan Dads jadi punya teman untuk olahraga. Moms dan Dads juga bisa memilih olahraga yang paling digemari berdua, misalnya jogging pagi, bersepeda, yoga, workout dan lainnya.

 

6. Sesekali curi-curi waktu buat movie date di luar

Ide quality time dengan pasangan setelah menikah
Movie date | Foto oleh gemenacom dari Depositphoto

Selain nonton bareng di rumah, sesekali Moms dan Dads juga butuh movie date keluar sebentar. Dua sampai tiga jam menitipkan anak pada saudara bisa deh ya diatur sebulan sekali atau benar-benar sesekali ketika ada film yang Moms dan Dads tunggu-tunggu. Quality time seperti ini juga bisa jadi momen nostalgia masa-masa pacaran, lo~

 

7. Dinner romantis berdua

Ide quality time dengan pasangan setelah menikah
Dinner romantis | Foto oleh 4pmphoto@gmail.com dari Depositphoto

Selain movie date, sesekali Moms dan Dads juga bisa dinnner romantis di luar. Cukup meluangkan waktu satu sampai dua jam untuk menikmati waktu berdua, bisa jadi momen quality time yang berkesan. Kalau tidak sempat menyiapkan dinner romantis, kulineran malam berdua juga bisa jadi pilihan yang menari, lo.

 

8. Quick holiday, sekadar staycation atau keluar kota terdekat

Ide quality time dengan pasangan setelah menikah
Liburan sebentar | Foto oleh oninchpunch dari Depositphoto

Jika anak sudah bisa ditinggal dengan dititipkan ke keluarga untuk satu sampai tiga hari, Moms dan Dads bisa meluangkan waktu untuk quick holiday atau liburan singkat berdua. Moms dan Dads bisa memilih untuk sekadar staycation atau mencoba aktivitas di tempat wisata. Selain bisa jadi momen liburan yang romantis, ini juga jadi momen quality time paling berkesan.

Nah, itulah beberapa ide quality time untuk Moms dan Dads setelah punya anak. Menikmati waktu berdua sebagai pasangan bukan sebagai orang tua memang bisa meningkatkan kualitas komunikasi dan hubungan yang lebih mesra, lo. Moms dan Dads bisa memilih ide quality time di atas dari yang paling mudah atau yang paling mungkin dilakukan. Atau barangkali Moms dan Dads ada ide lain?~