6 Hal yang Wajib Moms dan Dads Ketahui untuk Mencegah Hepatitis Misterius pada Anak

09 Mei 2022

Cara mencegah hepatitis misterius pada anak | Foto oleh Alla Serebrina dari Depositphotos via ://

Kabar soal hepatitis misterius pada anak yang sudah masuk Indonesia memang cukup membuat Moms dan Dads khawatir. Apalagi penyebarannya cukup cepat dan hingga 9 Mei 2022 telah dilaporkan 4 anak pasien hepatitis misterius di Indonesia yang meninggal dunia. Tiga kasus dialami oleh anak usia 2, 8, dan 11 tahun di Jakarta, serta satu kasus pada anak 7 tahun di Tulungagung.

Melansir dari Detik Health, hepatitis misterius diduga disebabkan oleh adenovirus dan SARS-Cov-2 atau virus penyebab Covid-19. Virus ini menyerang pernapasan dan pencernaan dan ditularkan melalui, oral dan pernapasan. Berikut beberapa hal yang wajib Moms dan Dads ketahui untuk mencegah hepatitis misterius pada anak.

 

1. Jangan gunakan alat makan bersama, jadi anak sendiri, Moms dan Dads juga sendiri-sendiri

Cara mencegah hepatitis misterius pada anak
Gunakan alat makan masing-masing | Foto oleh AndrewLovovyi dari Depositphotos

Mengingat penularan virus yang diduga menyebabkan hepatitis misterius pada anak ini salah satunya melalui oral, Moms dan Dads perlu membatasi penggunaan alat makan tiap individu dalam keluarga. Mulai dari sendok, garpu, piring, gelas atau tempat minum, sebisa mungkin tidak barengan. Apalagi daya tahan tubuh tiap anggota keluarga tentu berbeda-beda.

Moms dan Dads juga harus memberikan pengertian pada anak supaya tidak berbagi alat makan pada teman-temannya saat di sekolah. Sehingga Moms juga harus membekali anak dengan alat makannya sendiri, ketika berkegiatan di luar rumah.

 

2. Makan makanan yang bersih dan matang sempurna

Cara mencegah hepatitis misterius pada anak
Makanan bergizi | Foto oleh Klanneke dari Depositphotos

Selain alat makan, Moms juga harus menjamin makanan yang dikonsumsi anak bersih, misalnya tidak dihinggapi lalat yang bisa membawa bakteri dan virus. Selain itu, makanan pun harus matang sempurna untuk menjamin tidak terkontaminasi virus. Usahakan Moms memasak makanan sendiri untuk bekal anak, supaya tidak jajan di luar demi kesehatan, ya. Selain bersih, Moms juga bisa mengusahakan makanan bergizi untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh pada anak.

 

3. Hindari kegiatan berenang atau wisata pemandian di tempat umum

Cara mencegah hepatitis misterius pada anak
Berenang di kolam renang umum | Foto oleh AndrewLovovyi dari Depositphotos

Selama masih ada imbauan waspada hepatitis misterius pada anak dari Kementerian Kesehatan, sebaiknya Moms dan Dads menghindari kegiatan bermain air seperti di kolam renang atau pemandian umum. Hal ini karena penularan kolam renang dapat berpotensi menjadi sumber penularan virus lewat air liur.

 

4. Usahakan tidak bermain di playground umum

Cara mencegah hepatitis misterius pada anak
Bermain di Playground | Foto oleh Alleboshka dari Depositphotos

Selain kolam renang, playground memang menjadi tempat main favorit anak-anak. Untuk sementara, usahakan Moms dan Dads bisa mengarahkan anak untuk tidak bermain di playground supaya menghindari kontak dengan banyak anak-anak lain di tempat umum.

 

5. Menghindari kontak dengan orang sakit, terutama saat musim liburan

Cara mencegah hepatitis misterius pada anak
Menjenguk teman sakit | Foto oleh NewAfrica dari Depositphotos

Penularan hepatitis misterius ini bisa melalui cairan orang yang terinfeksi, sehingga Moms dan Dads harus memastikan anak menghindari kontak dengan orang sakit. Beri pengertian anak untuk tidak bedekatan dengan temannya yang sedang sakit.

 

6. Patuhi protokol kesehatan saat berada di tempat umum

Cara mencegah hepatitis misterius pada anak
Prokes | Foto oleh Seahorse_Photo_in_BKK dari Depositphotos

Mengingat media penularan virus yang diduga menjadi penyebab hepatitis misterius ini bisa melalui droplet, maka pencegahan efektif bisa melalui protokol kesehatan yang mencegah virus covid-19. Ajarkan anak untuk rajin mencuci tangan dan memakai masker, terutama saat di tempat umum.

 

Selain mengupayakan pencegahan hepatitis misterius pada anak, dengan beberapa hal di atas, Moms dan Dads juga perlu memberikan pengertian pada anak tentang upaya pencegahan tersebut. Jelaskan dengan bahasa sederhana supaya anak bisa memahami upaya yang Moms dan Dads lalukan, sehingga anak bisa diajak kerja sama, ya. Semangat ya Moms, dan Dads, semoga sehat selalu.