6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Depan Anak, tapi Moms dan Dads Sering Lupa

Hayo, siapa nih yang masih sering kecolongan?

17 Mei 2022

Hal yang tidak boleh dilakukan orang tua di depan anak | Foto oleh Sunemotion dari Depositphoto via ://

Sebagai orang tua Moms dan Dads pasti akan mengusahakan yang terbaik untuk si kecil. Sering kali Moms dan Dads berusaha mengajarkan hal-hal baik pada anak seperti mencontohkan hal-hal baik. Sayangnya, Moms dan Dads sering lupa ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan di depan anak.

Alih-alih mencontohkan hal baik supaya bisa dicontoh, kadang Moms dan Dads justru melakukan hal-hal yang sebenarnya belum saatnya anak ketahui, atau bahkan berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak. Sehingga Moms dan Dads memang harus lebih berhati-hati dalam bersikap dan bertindak di depan anak. Apa saja hal-hal yang tidak boleh dilakukan di depan anak?

1. Bertengkar atau marah-marah

hal yang tidak boleh dilakukan orang tua di depan anak
Bertengkar | Foto oleh IgorVetushko dari Depositphoto

Moms dan Dads pasti selalu mengingatkan anak supaya rukun dan berhubungan baik dalam lingkup kekeluargaan dan pertemanan. Namun, kadang Moms dan Dads justru bertengkar atau marah-marah di depan anak. Selain membuat anak takut, hal ini juga bisa mencontohkan perilaku yang suka marah-marah pada anak. Bahkan, anak bisa mencontoh pemecahan masalah dengan bertengkar.

Supaya hal ini tidak terjadi, Moms dan Dads harus lebih bisa mengendalikan emosi saat berada di dekat anak. Pastikan anak tidak mendengar atau bahkan melihat langsung ketika Moms dan Dads sedang bertengkar.

 

2. Menjelek-jelekkan orang lain di depan anak

hal yang tidak boleh dilakukan orang tua di depan anak
Menjelek-jelekkan orang lain Foto oleh HayDmitry dari Depositphoto

Moms dan Dads pasti ingin anak bisa menghargai orang lain dan bersikap baik pada siapa pun. Tidak jarang Moms juga memberikan contoh tersebut pada anak. Sayangnya, meski sudah memberikan contoh yang baik, Moms dan Dads masih sering menjelek-jelekkan orang lain di depan anak.

Apalagi jika Moms menjelek-jelekkan Dads atau sebaliknya di depan anak. Selain mencontohkan hal yang tidak baik, hal ini akan membuat anak kebingungan dengan sikap dari kedua orang tuanya.

 

3. Sibuk main gadget saat bersama anak

hal yang tidak boleh dilakukan orang tua di depan anak
Sibuk main gadget | Foto oleh Osobystist dari Depositphoto

Hampir setiap orang tua pasti berusaha mengatus waktu penggunaan gadget pada anak-anak. Bahkan sering sekali Moms dan Dads melarang anak untuk menggunakan gadget. Sayangnya, saat bersama anak Moms dan Dads justru sering sibuk sendiri bermain gadget. Hal ini akan membuat anak menganggap bahwa bermain gadget adalah hal yang wajar dan tidak perlu dilarang.

Kendati untuk urusan pekerjaan, hendaknya Moms dan Dads bisa lebih mengatus waktu saat bersama anak. Jika memang kondisinya tidak memungkinkan untuk menjauhkan gadget saat bersama anak, Moms dan Dads bisa memberikan pengertian pada anak jika apa yang Moms lakukan hanya untuk kepentingan pekerjaan. Mintalah izin pada anak jika Moms dan Dads akan menggunakan gadget saat bersama anak.

 

4. Merendahkan dan membandingkan anak

hal yang tidak boleh dilakukan orang tua di depan anak
Menyalahkan anak | Foto oleh Didesign dari Depositphoto

Orang tua merupakan sumber motivasi bagi anak. Apresiasi sekecil apapun sering sekali membuat anak semakin giat melakukan sesuatu kebaikan. Sayangnya, Moms dan Dads kadang justru merendahkan kemampuan anak dengan harapan bisa membuat anak bisa berusaha lebih baik lagi. Namun, hal ini justru bisa membuat anak tidak dihargai, apalagi jika Moms dan Dads membanding-bandingkannya dengan anak lain.

 

5. Berbohong baik pada anak, maupun pada orang lain tapi di depan anak

Tanda orang tua narsistik
Foto oleh Syida Prouction dari Depositphoto

Berkata jujur merupakan perilaku positif dalam kehidupan yang pasti ingin Moms ajarkan pada anak. Bahkan, Moms dan Dads mungkin sering marah jika anak berbohong. Namun, mengajarkan anak untuk bisa bersikap jujur perlu contoh yang nyata. Sayangnya, Moms dan Dads justru sering berbohong pada anak atau bahkan berbohong pada orang lain di depan anak.

Hal ini akan membuat anak menganggap jika hal berbohong adalah hal yang wajar dan bisa ia lakukan. Perlu diingat ya Moms, jika anak mungkin belum paham dengan konsep ‘berbohong demi kebaikan’, sehingga lebih baik Moms jangan memberikan alasan bisa berbohong demi kebaikan kepada anak. Bagaimana pun anak belum bisa sepenuhnya memahami mana hal yang benar dan salah.

 

6. Berhubungan intim

hal yang tidak boleh dilakukan orang tua di depan anak
Berhubungan intim | Foto oleh Maridav dari Depositphoto

Bagi Moms dan Dads yang masih tidur satu kamar dengan anak atau mungkin lupa mengunci pintu kamar, mungkin pernah ketahuan anak saat sedang berhubungan intim. Hal ini tentu akan menimbulkan banyak pertanyaan bagi anak, atau bahkan membuatnya takut. Bila anak masih berusia di bawah 3 tahun mungkin ia tidak mengerti apa yang sedang Moms dan Dads lakukan dan akan mudah melakukannya.

Namun, lebih baik Moms menanyakan pada anak apa saja yang ia lihat dan menjelaskan bahwa hal itu adalah ekspresi cinta yang wajar dan hanya boleh dilakukan oleh orang dewasa yang sudah menikah. Jika anak sudah bisa memahami soal seksualitas, Moms bisa mengajaknya bicara untuk meluruskan pemikirannya. Selain itu, Moms juga bisa meminta anak untuk menghargai privasi orang tua.

Beberapa hal di atas memang tidak baik dilakukan di depan anak. Namun, dalam kondisi tertentu mungkin tidakĀ  bisa dikendalikan. Kendati demikian, Moms dan Dads tetap harus berusaha meminimalkan tindakan di atas saat di depan anak.

Selain bisa tidak baik bagi perkembangan psikis dan pembentukan perilaku anak, beberapa hal di atas juga bisa menimbulkan trauma. Jika sesekali hal itu terjadi, Moms dan Dads bisa meminta maaf pada anak dan berjanjilah untuk tidak mengulanginya lagi.