6 Fakta Perkembangan Perut Ibu Hamil yang Menakjubkan. Tiap Moms, Bisa Berbeda!

Jangan membandingkan, karena bisa aja berbeda tergantung tiap kondisi ibu!

20 Juni 2022

Fakta perkembangan perut ibu hamil | Foto oleh vadimphoto1@gmail.com dari Depositphoto via ://

Salah satu perubahan fisik yang paling kentara di setiap kehamilan adalah perkembangan perut Moms. Semakin hari, perut Moms akan menunjukkan perkembangan seiring pertumbuhan dan perkembangan janin. Tidak heran jika hal ini menjadi salah satu hal menakjubkan yang Moms rasakan.

Namun, tidak jarang perkembangan perut Moms dikaitkan dengan mitos atau anggapan yang cukup umum di masyarakat, seperti bentuk dan ukuran perut yang berkaitan dengan jenis kelamin hingga kondisi kesehatan Moms dan janin. Nah, supaya lebih mengetahui kebenaran anggapan tersebut, ketahui yuk fakta perkembangan perut ibu hamil berikut!

 

1. Ukuran perut tergantung postur tubuh Moms

Fakta perkembangan perut ibu hamil
Tergantung postur tubuh | Foto oleh vadimphoto1@gmail.com dari Depositphoto

Sering sekali Moms membandingkan ukuran perut saat kehamilan dengan Moms yang lain. Meski usia kehamilan sama, besar perutnya bisa berbeda, lo. Hal ini karena postur tubuh Moms sangat berpengaruh pada ukuran perut saat hamil. Moms yang memiliki postur tubuh atau perawakan yang besar cenderung kurang terlihat ketika usia kehamilannya masih muda.

Beda lagi dengan Moms yang memiliki postur tubuh kecil, perut akan lebih terlihat menonjol meski usia kehamilan masih muda. Jadi bukan berarti ada masalah dengan perkembangan janin ya, Moms.

 

2. Kekuatan otot inti perut juga berpengaruh pada ukurannya, lo

Fakta perkembangan perut ibu hamil
Kekuatan otot perut | Foto oleh igor Vetushko dari Depositphoto

Otot inti atau core muscle pada perut mampu menahan perkembangan perut ketika janin kian bertumbuh. Bagi Moms pernah hamil sebelumnya, otot inti cenderung lebih rileks, sehingga perut lebih terlihat menonjol. Pun begitu jika berkaitan dengan usia Moms saat hamil.

Semakin muda usia Moms, otot inti Moms semakin kuat, sehingga bisa menahan bentuk perut dan membuat perkembangan perut tidak begitu terlihat. Sebaliknya, semakin bertambah usia Moms, maka otot semakin rileks, sehingga perkembangan perut lebih mudah terlihat.

 

3. Bentuk perut Moms saat hamil dipengaruhi posisi janin di dalam rahim

Fakta perkembangan perut ibu hamil
Perut ibu hamil | Foto oleh Alla Serebina dari Depositphoto

Sering sekali, bentuk perut tiap Moms saat hamil terlihat cukup unik. Ada yang sangat mancung ke depan, ada yang bulat sempurna, ada pula yang melebar ke samping. Ternyata, hal ini karena posisi janin yang bergerak di dalam rahim Moms. Apalagi saat memasuki trisemester ketiga, janin akan banyak bergerak, sehingga berpengaruh pada bentuk perut Moms.

 

4. Perkembangan perut Moms di trisemester pertama

Fakta perkembangan perut ibu hamil
Tri semester pertama | Foto oleh Kirill_Grekov dari Depositphoto

Di usia kehamilan bulan kesatu hingga ketiga atau terjadi hingga usia 12 minggu, ukuran janin masih sangat kecil, yakni sebiji vanila. Kemudian akan tumbuh menjadi seukuran lemon saat memasuki minggu ke-13. Pada fase ini perkembangan perut Moms ada yang belum terlihat sama sekali, tapi ada juga yang mulai muncul tonjolan kecil.

Melansir dari Newton Baby, ukuran rahim perempuan dewasa seukuran jeruk bali, sehingga berada di dalam panggul. Sehingga, kehamilan belum terlalu terlihat karena ukuran perut yang belum terlalu menonjol.

 

5. Perkembangan perut Moms di trisemester kedua

Fakta perkembangan perut ibu hamil
Trisemester kedua | Foto oleh Igor Vetushko dari Depositphoto

Di fase kehamilan ini usia kandungan memasuki minggu ke-14 hingga minggu ke-27. Di usia kehamilan ini, rahim akan selebar seiring pertumbuhan janin. Ukurannya berubah seukuran kubis yang kira-kira beratnya 1 kg. Kemudian, di akhir trisemeser kedua, perut Moms mulai membesar hingga seukuran buah pepaya, sehingga posisinya tidak lagi muat di dalam panggu. Perut Moms akan membesar dan berada di tengah antara pusar dan payudara.

 

6. Perkembangan perut Moms di trisemester ketiga

Fakta perkembangan perut ibu hamil
Trisemester ketiga | Foto oleh Kryzhov dari Depositphoto

Di fase ini, ukuran perut Moms seperti kantong tepung dengan ukuran 2 kg, dan semakin berkembang hingga usia kehamilan 40 minggu. Di usia ini bentuk perut Moms, biasanya bulat sempurna seperti bola basket yang menonjol ke depan, atau bisa juga melebar ke samping, tergantung posisi janin ya Moms.

 

Nah, itulah beberapa fakta perkembangan perut Moms di setiap fase pertumbuhan janin dalam rahim. Beberapa faktor yang mempengaruhi tentu berbeda-beda yang di alami setiap Moms. Jadi, jangan membanding-bandingkan ukuran dan bentuk perut Moms yang satu dengan yang lain, ya.