4 Manfaat Birthing Ball untuk Kehamilan & Persiapan Melahirkan. Jelas Bukan Gaya-gayaan Doang!

Melahirkan dengan bantuan 'birthing ball'

19 Januari 2019

Melahirkan lebih lancar kalau dibantu 'birthing ball' via https://www.romper.com

Sekarang sudah ada banyak cara yang diteliti untuk membuat ibu bisa melahirkan dengan lebih lancar dan nyaman. Salah satu cara yang direkomendasikan adalah menggunakan ‘birthing ball‘. Birthing ball sebenarnya mirip seperti gym ball yaitu bola karet besar berisi udara yang biasanya digunakan buat olahraga yoga. Nah, banyak yang bilang kalau pakai birthing ball ini bikin melahirkan rasanya lebih mudah. Para ibu hamil ini banyak yang sudah menggunakan sejak hamil besar biar efeknya buat melahirkan lebih terasa.

Menggunakan birthing ball sebenarnya mudah banget lo. Cara yang paling sederhana adalah, ibu hamil tinggal duduk di atasnya lalu menggoyang-goyangkannya berputar membentuk huruf ‘C’, ‘O’, atau angka ‘8’. Bisa dilakukan sambil nonton televisi, bersantai, dan sebagainya. Tapi, gimana sih efeknya buat ibu hamil setelah rutin melakukan gerakan tersebut?

1. Birthing ball bisa mengurangi rasa sakit punggung dan pinggang saat hamil besar. Ini karena postur tubuh jadi lebih tegak dan tekanan ke tulang belakang berkurang

Rutin menggunakan ‘birthing ball’ bisa mengurangi nyeri pinggang dan punggung ibu hamil

Saat hamil besar terutama ketika perut sudah makin membuncit, pasti deh ibu hamil mengalami rasa nggak nyaman. Biasanya, pinggang dan punggung rasanya sakit serta pegal. Hal itu bisa dikurangi ketika rutin berlatih menggunakan birthing ball. Saat duduk di atas birthing ball, otomatis kan posisinya lebih tegak dan tekanan ke tulang belakang berkurang.

2. Selain itu, sering menggunakan birthing ball dipercaya bisa meningkatkan aliran darah ke rahim. Bahkan, bisa memperbaiki posisi bayi sebelum melahirkan lo

Aliran darah lancar dan posisi bayi membaik. Siap buat lahiran normal!

Nggak cuma ibunya yang mendapat manfaat baiknya. Bayi dalam janin pun juga. Rutin menggunakan birthing ball dipercaya bisa melancarkan aliran darah ke rahim buat si kecil. Selain itu, kalau posisi bayi kurang pas buat melahirkan normal, gerakan-gerakan dengan birthing ball bisa membuat posisinya membaik lo.

3. Panggul juga bisa diperlebar dengan birthing ball. Ini bisa membuat kepala bayi turun ke panggul sehingga lebih siap buat melahirkan secara optimal
Posisi bayi bisa turun ke panggul karena rajin menggunakan ‘birthing ball’

Gerakan dengan birthing ball ternyata bermanfaat untuk memperlebar ukuran panggul lo. Dengan begini, kepala bayi akan lebih mudah turun ke panggul dan siap buat melahirkan normal. Ini membantu ibu buat mempermudah pembukaan juga. Tapi ketika merasa pusing saat menggunakan birthing ball, segera hentikan aktivitasnya ya.

4. Saat melahirkan, birthing ball bisa meringankan nyeri persalinan termasuk karena kontraksi serta membuat ibu akan lebih tenang melalui proses persalinan
‘Birthing ball’ bisa membuat ibu lebih tenang dan mempermudah saat melahirkan

Nah, ketika melahirkan, ternyata keberadaan birthing ballsebenarnya sangat berjasa lo. Jadi, jangan lupa bawa ke rumah sakit. Birthing ball membuat ibu jadi lebih tenang saat menghadapi persalinan serta rasa sakit akibat kontraksi. Melahirkan pun jadi lebih nyaman dan lancar.

Buat ibu hamil yang mau beli birthing ball, sebaiknya pilih yang kuat karena akan menahan beban yang berat. Selain itu pilih yang nggak licin saat di lantai biar lebih aman buat ibu hamil. Pilih juga yang awet karena akan digunakan dari saat hamil hingga untuk proses melahirkan kelak.